Sukabumi Update

Bahaya Bagi Kesehatan, Kenali 5 Jenis Nyamuk yang Bawa Penyakit

Ilustrasi Nyamuk. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Nyamuk adalah hewan kecil yang spesiesnya lebih dari 3.000 dan tersebar di seluruh dunia menurut catatan dari American Mosquito. Hewan satu ini perlu diwaspadai karena bisa mendatangkan beberapa penyakit berbahaya seperti DBD atau Malaria.

Nyamuk serangga kecil penghisap darah. Sengatan nyamuk dapat menyebabkan pembengkakan bentol dan gatal di permukaan kulit. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2016 menunjukkan sakit yang ditularkan melalui nyamuk lebih dari 17 persen dari semua penyakit menular.

Nyamuk menggunakan belalai bergerigi untuk menembus kulit dan mencari kapiler. Nyamuk memiliki dua tabung mengisap darah. Satu tabung berfungsi mengambil darah.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Satu tabung lagi berfungsi memompa air liur yang mengandung obat penghilang rasa sakit ringan dan antikoagulan. Kebanyakan orang memiliki reaksi alergi ringan terhadap air liur yang menyebabkan area di sekitar sengatan membengkak dan gatal.

Dilansir dari Tempo.co, Lalu jenis nyamuk apa saja yang membawa penyakit?

1. Aedes aegypti

Aedes aegypti nyamuk yang menularkan beberapa penyakit, seperti demam berdarah dengue (DBD), chikungunya, demam zika, dan demam kuning. Nyamuk aedes aegypti bertelur dan senang berada di lingkungan yang lembap, seperti tempat penampungan air, vas bunga, ember.

Baca Juga: Disdik Sukabumi Telusuri Foto Viral Anak Buta Gegara Kena Latto-latto

2. Nyamuk hutan

Nyamuk hutan atau Aedes albopictus yang menyebabkan demam kuning, chikungunya, dan zika. Nyamuk ini memiliki warna tubuh, belang hitam putih. Serangga pengisap darah itu sering disebut nyamuk macan.

Baca Juga: Alamat Proxy Whatsapp Server Indonesia dan Cara Settingnya Agar Pakai WA Tanpa Internet

3. Nyamuk air kotor

Nyamuk air kotor atau culex quinquefasciatus yang menyebabkan beberapa penyakit, seperti filariasis dan demam zika. Nyamuk ini berkembang biak di air yang kotor dan kubangan.

Baca Juga: Venna Melinda Diduga Alami KDRT, Ferry Irawan Dilaporkan ke Polisi

4. Anopheles

Merujuk Centers for Disease Control and Prevention, anopheles nyamuk yang menularkan penyakit malaria. Nyamuk anopheles memiliki tubuh yang berwarna gelap. Nyamuk ini membawa parasit plasmodium yang menyebabkan malaria. Ketika menular ke tubuh manusia, parasit tersebut akan berkembang dalam sel darah merah dan hati.

Baca Juga: Inikah Tanda Kiamat? Viral Potret Pegunungan Mekah Arab Saudi Menghijau

5. Mansonia uniformes

Mansonia uniformes menularkan penyakit filariasis. Nyamuk ini banyak ditemukan di area pertanian yang banyak memiliki tanaman air.

Sumber: Tempo.co

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT