Sukabumi Update

Harus Begadang Semalaman? Coba 9 Tips Berikut agar Tubuh Tetap Sehat

Ilustrasi Harus Begadang Karena Kerja Shift Malam (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Begadang bukan hanya soal menonton film favorit atau sepakbola kesayangan.

Begadang menjadi wajib bagi sebagian orang yang bekerja di shift malam atau mereka yang memiliki deadline tertentu.

Akhirnya, begadang menjadi rutinitas tak terhindarkan dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Dikutip dari um-surabaya.ac.id via Tempo.co, berikut tips agar tubuh tetap sehat meski harus begadang di malam hari. Yuk, Simak!

1. Tidur Siang

Tips pertama agar tetap sehat meskipun begadang adalah meluangkan waktu untuk tidur siang. Luangkan waktu Anda untuk tidur siang pada jam istirahat selama 30-60 menit. Namun, usahakan untuk tidak terlalu lama agar tidak pusing setelahnya.

Baca Juga: Sering Tidur Siang Bisa Tingkatkan Risiko Stroke dan Hipertensi? Ini Penjelasannya

2. Konsumsi Minuman Berkafein

Untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul akibat begadang, seseorang bisa mengkonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Tetapi tetap tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman kafein berlebihan. Batas wajar tubuh mendapatkan asupan kafein adalah 400 miligram atau sekitar 4 cangkir kopi seduh setiap harinya.

3. Olahraga

Lakukan olahraga ringan mulai dari 15-30 menit agar tubuh selalu bugar. Seseorang disarankan juga untuk berolahraga minimal 150 menit setiap pekan.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur dapat membuat tubuh cepat kenyang dan dapat menahan rasa lapar dalam waktu beberapa jam. Selain itu, mengonsumsi buah dan sayur membuat Anda tidak memakan cemilan yang kurang sehat pada malam hari sehingga akan membuat tubuh menjadi rusak.

Baca Juga: Fakta Buah Kecubung yang Buat Seorang Pria Viral Karena Berhalusinasi Berhari-hari

5. Atur Pencahayaan di Kamar

Ketika lelah sebagian orang lebih memilih memadamkan lampu agar bisa beristirahat dengan nyenyak. Kegelapan ini justru memberi isyarat pada tubuh untuk melepaskan melatonin, yaitu hormon yang memicu rasa kantuk.

6. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti telur, ikan, ayam dan daging yang tidak menggunakan lemak.

7. Konsumsi Vitamin

Mengonsumsi vitamin sangat baik untuk tubuh. Asupan gizi bisa didapatkan dari vitamin selain dari makanan. Kegiatan begadang sendiri berpotensi akan menurunkan daya tubuh, sehingga penting untuk membiasakan untuk mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tubuh. Seseorang dapat mengkonsumsi vitamin C dan D.

Baca Juga: Kualitas Tidur Terganggu? Pahami Pengaruh dan Cara Kerja Ritme Sirkadian

8. Konsumsi Air Putih dan Madu

Saat begadang, tubuh membutuhkan stamina yang prima, karena saat begadang menyebabkan energi terkuras banyak. Untuk itu dibutuhkan bantuan air putih dan madu karena keduanya sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh ketika dikonsumsi.

9. Hindari Langsung Mandi setelah Begadang

Mandi pagi memang bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun jika seseorang begadang, lebih baik hindari langsung mandi setelah begadang pada pagi harinya karena dapat memicu penyakit flu.

SUMBER: TEMPO.CO | RINDI ARISKA

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT