Sukabumi Update

Waspada Seperti ‘Atun’, Kaki Diamputasi karena Diabetes dan Tak Suka Minum Air Putih

Waspada Seperti ‘Atun’, Kaki Diamputasi karena Diabetes dan Tak Suka Minum Air Putih (Sumber : Instagram Suty Karno)

SUKABUMIUPDATE.com - Aktris Suti Karno pemeran Mpok Atun dalam serial Si Doel Anak Sekolahan menceritakan kisahnya yang harus mengamputasi kakinya akibat diabetes yang awalnya disebabkan karena tidak pernah minum air putih, serta hanya mengkonsumsi minuman manis.

Hal tersebut diceritakan oleh Suti Karno saat menjadi bintang tamu di acara Brownies, dia mengungkapkan jika kakinya diamputasi hingga di atas mata kaki.

"Benar sekali (nggak pernah minum air putih), minumnya softdrink pokoknya yang manis-manis, saya nggak pernah mau minum air putih," ujar pemeran Mpok Atun tersebut, seperti melansir dari Suara.com.

Baca Juga: Sinopsis Film 'Bismillah Kunikahi Suamimu’ Akan Segera Tayang di Bioskop

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa di dalam darah. Kondisi ini juga sering disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis.

Aktris berusia 56 tahun itu juga bercerita bagaimana pola hidup sehat yang dilakoninya turut membuat kondisinya mengidap diabetes, hingga harus diamputasi untuk menyambung hidup.

"Kalau dulu kan jam 2 siang pengen mie ayam beli, jam 5 sore pengen makan siomay beli," terangnya.

Padahal setelah ia mengetahui, dan sadar akan kondisi yang dialami setelah berkonsultasi dengan dokter, makan harusnya di waktu makan seperti jam 7 pagi, jam 12 siang dan jam 5 sore sehingga tidak boleh waktu makan acak.

Sehingga perempuan kelahiran 27 April 1966 itu bercerita setelah kakinya diamputasi, kini ia tidak mengonsumsi minuman lain selain air putih, dan tidak mengkonsumsi aneka tepung-tepungan.

Meskipun sayangnya ia tidak bisa mengkonsumsi banyak sayur, karena tubuhnya sudah memiliki kandungan zat besi yang berlebih.

"Saya nggak bisa makan sayur. Gue nggak bisa minum vitamin. Sayur nggak boleh karena kelebihan zat besi. Sekarang nggak pernah minum yang lain, selain air putih," paparnya.

Bahkan menurut Suti, bukan hanya diabetes, ia juga memiliki sakit jantung karena sudah terpasang 2 ring jantung di dadanya yang harus sangat diperhatikan, sebagai dampak dari komplikasi diabetes yang ia alami.

Kini, lawan main Rano Karno dan Benyamin itu sedang menunggu kaki palsu untuk digunakan beraktivitas, tapi sebelum ia harus menjalani serangkaian terapi agar kuat berjalan.

"Mudah-mudahan ini terakhir, saya sedang menunggu, sudah bisa pesan kaki palsu, tapi harus terapi," tutup pemeran Atun itu.

Sumber: Suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT