Sukabumi Update

5 Manfaat Buah Srikaya untuk kesehatan Tubuh yang Perlu untuk Diketahui

Ilustrasi Manfaat Buah Srikaya untuk kesehatan Tubuh (Sumber : Pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Buah Srikaya merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis, termasuk di Indonesia. 

Diketahui ekstrak alami dari buah srikaya, daun, serta kulitnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari industri makanan, kosmetik, hingga pengobatan herba lho.

Melansir dari Tempo.co, buah Srikaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta mengandung antioksidan dan nutrisi lain. 

Buah dengan rasa manis ini juga dapat dikonsumsi dengan cara yang berbeda-beda. Salah satunya mengolahnya menjadi milkshake, es krim, dan jus. 

Dan berikut adalah sederet manfaat buah Srikaya untuk kesehatan tubuh seperti melansir dari Boldsky. 

1. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Srikaya kaya kandungan magnesium yang dapat mencegah penyakit jantung. Buah ini juga membantu meregangkan otot-otot.

Tak hanya itu, srikaya juga mengandung vitamin B6 yang membantu mencegah homosistein agar tidak menumpuk sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Kalium dan magnesium yang terkandung dalam buah ajaib ini berguna untuk mengontrol tekanan darah.

Karena itu, penderita tekanan darah berfluktuasi sangat disarankan makan buah ini setiap hari agar menjadi lebih baik.

3. Mencegah Asma

Buah srikaya penuh vitamin B6, yang bisa membantu mengurangi peradangan bronkial pada saluran pernapasan dan mencegah serangan asma.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Srikaya juga mengandung banyak tembaga dan serat makanan yang bisa membantu mengatasi sembelit dan diare. Dengan mengonsumsi srikaya, masalah gangguan pencernaan dapat diatasi.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan polifenol dan vitamin C yang cukup banyak dari buah Srikaya membuat buah ini memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh juga akan lebih kuat melawan infeksi, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Sumber: Tempo.co

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT