Sukabumi Update

Warna Lidah Berubah Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi? Simak Penjelasannya

Ilustrasi. Warna lidah manusia dianggap bisa menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi yang berbahaya untuk kesehatan | Foto: Pixabay/@alehidalgo

SUKABUMIUPDATE.com - Warna lidah manusia umumnya yaitu merah muda. Namun, pada kondisi tertentu warna lidah bisa saja berubah, hal tersebut dipercaya menjadi salah satu tanda penyakit tertentu salah satunya kolesterol tinggi.

Jadi jika warna lidah anda tiba-tiba berubah bisa jadi saat itu Anda sedang mengalami kolesterol tinggi.
Mengutip dari Tempo.co, Kolesterol sendiri merupakan jenis lemak lilin atau lipid yang ada di dalam tubuh dan bila berlebihan (kolesterol tinggi) bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Sementara Lipid merupakan zat yang tidak larut dalam air sehingga tidak bisa larut juga di dalam darah.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Konsumsi Obat-obatan

Tubuh manusia umumnya bisa menghasilkan kolesterol secara mandiri. Namun, kolesterol juga bisa didapat dari luar tubuh seperti dari makanan yang berasal dari hewan.

Kolesterol menjadi salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular aterosklerotik (ASCVD) seperti serangan jantung, TIA, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Jika tidak diobati kolesterol tinggi bisa berbahaya untuk kesehatan meski pada awalnya penyakit ini bisa terjadi dengan gejala ringan.

Baca Juga: Jadwal Tayang Preman Pensiun 8, Simak Info Terbarunya Langsung dari Sang Sutradara

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dapat mengakibatkan komplikasi seperti stasis darah atau aliran darah yang mandek. Ini bisa tercermin melalui perubahan warna lidah.

Warna Lidah Jadi Tanda Kolesterol Tinggi?

Lidah yang sehat biasanya berwarna merah muda, tetapi dapat bervariasi secara signifikan dalam warna gelap atau terang, dikutip dari Healthline.

Menurut jurnal medis “Frontiers in Medicine”, lidah berwarna ungu tua dan pembuluh darah sublingual yang membesar (pembuluh darah yang terdapat di lidah) merupakan tanda penting dari stasis darah.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film Titanic yang Akan Tayang Lagi 10 Februari 2023

Stasis darah adalah gejala kolesterol tinggi. Itu terjadi ketika darah tidak dapat mengalir dengan baik melalui jaringan. Hal ini dapat mengurangi kecepatan aliran darah, menyebabkan obstruksi parsial, dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

Merujuk timesofindia-indiatimes-com dalam beberapa kasus, lidah berwarna ungu berarti darah tidak bersirkulasi dengan baik di tubuh. Ini juga dapat menunjukkan bahwa darah gagal memberikan oksigen yang cukup ke jaringan tubuh.

Ini juga bisa berarti bahwa darah merah gelap yang menunjukkan kekurangan oksigen, berbeda dengan darah merah terang yang kaya oksigen, beredar melalui arteri.

Baca Juga: Daftar Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Chatting via WA Tanpa Internet

Beberapa kondisi lain yang berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah dapat dilihat dari warna lidah. Karena lidah akan mengalami perubahan warna ungu atau biru pada lidah.

Sianosis sentral, yang menyebabkan oksigenasi arteri yang buruk, berhubungan dengan clubbing dan perubahan warna kebiruan pada selaput lendir, seperti lidah.

Menurut Oral Cancer Foundation, kanker lidah dapat menghasilkan warna merah tua atau ungu pada permukaan dalam mulut. Lidah ungu atau kebiruan juga bisa menandakan kekurangan vitamin.

Baca Juga: Dampingi Jokowi dan Kaesang, Erina Gudono Tenteng Tas Impor Seharga Rp 84 Juta!

Demikian beberapa pertanda yang biasanya terlihat di lidah yang berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh. Termasuk sinyal kolesterol tinggi.

Sumber: Tempo.co/Yolanda Agne

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT