TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Januari Jadi Bulan Kesadaran Kanker Serviks, Yuk Kenali Tanda dan Gejalanya!

Ilustrasi. Kanker Serviks, Kenali Tanda dan Gejalanya (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - 25/31, hari ke-25 dari 31 hari di bulan Januari tahun 2023 sudah dilewati. Artinya, bulan januari kini tersisa enam hari lagi.

Setiap tahun, Bulan januari dinobatkan sebagai Bulan Kesadaran Kanker Serviks di Amerika Serikat. Terlepas dari negara mana peringatan ini dinobatkan, selama 25 hari di bulan Januari ini, apakah sudah mengenal tentang kanker Serviks sendiri?

Ya, Kanker serviks merupakan salah satu masalah kesehatan utama bagi perempuan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Pikat Turis Timur Tengah, Karang Kontol Sukabumi Diserbu Wisatawan saat Libur Imlek

Mengutip Cleveland Clinic via Tempo, sekitar 14.000 orang di Amerika Serikat didiagnosis menderita kanker serviks setiap tahun dengan 4.000 di antaranya meninggal dunia. Pada bulan kesadaran kanker serviks ini, mari pahami tentang penyakit ini agar bisa mencegahnya. Berikut paparannya dikutip dari Times of India.

Sampada Dessai, Ahli Onkologi Ginekologi dari Rumah Sakit PD Hinduja & MRC mengatakan kanker serviks adalah kanker yang tumbuh lambat pada wanita. Kanker ini juga memiliki tahap prakanker. Butuh waktu bertahun-tahun untuk berkembang dari tahap prakanker menjadi kanker. Ini memberi dokter banyak kesempatan untuk mendeteksinya pada tahap prakanker atau tahap awal.

Stadium Prakanker

Jika terdeteksi pada stadium prakanker, kanker ini dapat dicegah. Tes skrining tersedia untuk mendeteksi kanker ini baik pada tahap prakanker atau tahap awal. Ini karena minimnya gejala tahap awal atau gejalanya nonspesifik. Gejala kanker serviks yang harus diperhatikan dan diperhatikan meliputi:

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

1. Keputihan yang tidak normal: Keputihan yang terjadi mungkin terlihat keruh, berbau busuk, dan berair. Peningkatan jumlah keputihan biasa juga perlu diperhatikan.

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT