Sukabumi Update

Apa Saja Makanan yang Harus Dihindari Penderita Tipes? Yuk, Simak!

Ilustrasi. Penderita Tipes (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Tipes termasuk masalah kesehatan yang dapat menimpa siapapun tanpa terkecuali. Baik anak-anak hingga dewasa sekalipun bisa mengalami tipes.

Ketika sedang tipes, biasanya kekhawatiran muncul akan pantangan makanan. Ya, tak lain bertujuan agar lekas sehat kembali seperti sedia kala.

Penderita tipes disarankan untuk menghindari dan mengurangi konsumsi makanan tertentu.

Baca Juga: Reses di Curugkembar Sukabumi, Warga Gantungkan Harapan Perbaikan Jalan pada Badru

Tipes sendiri merupakan salah satu jenis infeksi bakteri yang biasanya ditularkan melalui konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi Salmonella typhi. Tipes menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, kelelahan, sakit perut, dan diare.

Untuk mencegah gejala semakin parah, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari. Melansir dari laman Times of India via Tempo, berikut sejumlah makanan yang harus dihindari penderita tipes:

1. Makanan mentah

Hindari buah dan sayuran mentah yang belum dikupas yang dicuci dengan air yang terkontaminasi, terutama selada dan buah seperti beri yang tidak bisa dikupas. Pisang, alpukat, dan jeruk merupakan pilihan yang lebih baik, tetapi pastikan mengupasnya sebelum dimakan.

2. Makanan pedas dan berminyak

Makanan yang mengandung rempah-rempah, bumbu, minyak, dan asam asetat dapat memperparah peradangan pada usus. Karena itu, disarankan untuk menghindari makanan seperti cabai, lada, cuka, saus pedas, saus salad, buah-buahan dan sayuran kalengan.

Baca Juga: Misteri Pakaian Korban, Polisi Soal Otopsi Mayat Wanita di Sungai Cipelang Sukabumi

3. Sayuran penyebab kembung

Sayuran seperti kubis brussel, brokoli, kol, asparagus, dan kembang kol dapat menyebabkan kelebihan gas. Sayuran ini mengandung rafinosa, yaitu gula kompleks yang sulit dicerna tubuh.

4. Bawang merah dan bawang putih

Penderita tipes harus menghindari makanan dengan rasa yang kuat seperti bawang merah dan bawang putih karena dapat menyebabkan peradangan.

Baca Juga: Kutek Hijau Rambut Pendek, Mayat Wanita Tanpa Busana di Sungai Cipelang Sukabumi

5. Makanan kaya asam lemak omega 3

Makanan seperti kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur mengandung banyak asam lemak omega 3. Makanan ini bermanfaat bagi pasien yang terkena tifus karena mengurangi peradangan dalam tubuh.

SUMBER: TEMPO.CO | WINDA OKTAVIA

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT