Sukabumi Update

5 Penyakit yang Disebabkan Nyamuk, Bukan Hanya DBD dan Malaria

Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh nyamuk termasuk DBD dan Malaria | Foto: Pixabay/Nuzree

SUKABUMIUPDATE.com - Nyamuk menjadi salah satu serangga yang diklaim bisa menyebabkan penyakit, bahkan beberapa diantaranya bisa sebabkan kematian.

Demam Berdarah dan Malaria menjadi beberapa penyakit yang telah dikenal lama ditularkan oleh gigitan nyamuk.

Mengutip dari Tempo.co, saat menghisap darah manusia, nyamuk menyuntikkan air liur yang dapat memicu rasa gatal dan pembengkakan di kulit.

Tak hanya itu, melalui gigitannya ini, nyamuk dapat menyebarkan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Merujuk laman CDC, penyakit yang ditularkan oleh nyamuk adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi.

Baca Juga: Bahaya Bagi Kesehatan, Kenali 5 Jenis Nyamuk yang Bawa Penyakit

Meskipun beberapa orang tidak sakit setelah digigit nyamuk yang terinfeksi, namun beberapa penyakit ringan jangka pendek atau jangka panjang bisa saja terjadi.

Mengutip dari laman Web MD, berikut beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh gigitan nyamuk.

1. Penyakit Zika

Bagi kebanyakan orang, gejala dari virus zika cukup ringan yaitu demam, ruam, nyeri sendi, dan mata merah. Namun virus ini berbahaya bagi wanita hamil dan bayinya. Virus ini dapat menyebabkan cacat lahir yang disebut mikrosefali, yang menyebabkan kepala kecil dan kerusakan otak.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Perempuan Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu, Pemuda Sukabumi Sudah Tahu?

2. DBD (Demam berdarah)

Saat seseorang terkena DBD, maka orang tersebut dapat mengalami masalah seperti ruam, demam, sakit kepala, mudah memar, dan gusi berdarah.

Satu-satunya vaksin yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) adalah untuk digunakan pada anak usia 9-16 tahun yang telah terinfeksi oleh salah satu dari empat virus DBD untuk membantu mencegah penyakit tersebut kembali dari salah satu virus lainnya.

Baca Juga: Dikdik dan Bos Jamal Preman Pensiun Kembali Berakting! Syuting Film Apa di Sukabumi?

3. Malaria

Malaria dapat menimbulkan gejala berupa demam, sakit kepala, menggigil, dan muntah. Jika seseorang bepergian ke negara yang rawan terhadap malaria, maka tidurlah di bawah kelambu yang diberi insektisida, dan minum obat anti-malaria.

4. Penyakit kuning

Penyakit kuning dapat membuat kulit dan mata terlihat berwarna kekuningan. Infeksi ini akan membuat penderitanya sakit kepala, sakit punggung, menggigil, dan muntah.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Lambung

5. Chikungunya

Seseorang yang terinfeksi chikungunya akan mengalami ruam, sakit kepala, mual, dan kelelahan. Penyakit ini banyak ditemukan di Asia dan India, dan mulai menyebar ke Eropa dan Amerika. Dalam beberapa kasus, gejalanya dapat berlangsung berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Sumber: Tempo.co/Winda Oktavia

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT