Sukabumi Update

6 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Bisa Melawan Penuaan Dini

6 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Bisa Melawan Penuaan Dini. | (Sumber : Pixabay.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Buah Mengkudu atau buah noni adalah salah satu tanaman yang termasuk kedalam spesies keluarga kopi. Buah ini memang rasanya tidak enak dan punya bau menyengat, namun dibalik itu semua manfaat buah mengkudu baik untuk kesehatan.

Manfaat buah Mengkudu sudah lama digunakan orangtua zaman dahulu sebagai obat herbal atau obat tradisional untuk meningkatkan sistem kekebalan.

Manfaat buah Mengkudu sendiri mengandung protein dan asam amino serta beberapa mineral penting seperti kalium, kalsium, sulfur, magnesium, selenium dan fosfor.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih PD, Yuk Simak!

Mengutip YoursayDirangkum dari Hellosehat, berikut 6 manfaat buah mengkudu bagi kesehatan.

1. Membantu mengatasi arthritis

Sudah dikenal sejak lama, kalau buah mengkudu ini dijadikan obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti penyakit arthritis.

Bahkan penderita arthritis yang kerap mengalami masih nyeri apabila mengonsumsi jus mengkudu ini bisa untuk mengurangi rasa nyeri.

Baca Juga: 8 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Cocok Untuk Berendam di Akhir Pekan

Seperti dalam penelitian pada tahun 2011, pasien osteoartritis yang diberikan jus mengkudu dapat mengurangi tingkat keparahan nyeri. Hal ini didapatkan dengan rutin mengonsumsi jus buah mengkudu selama waktu 90 hari.

2. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada buah mengkudu ini diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sudah sejak lama, vitamin C ini memang menjadi asupan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan manusia tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri.

Kemudian, vitamin C ini dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan terhadap risiko penyakit kronis. Selain itu, kandungan scopoletin dalam buah mengkudu juga mempunyai sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang bisa meningkatkan pertahanan tubuh.

Baca Juga: Pengerjaan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Cibolang Mulai Disiapkan, Tunggu Rampung Seksi 2

Tidak hanya itu, sifat anti-bakteri buah mengkudu juga cukup ampuh dalam melawan bakteri seperti E. coli, Staphylococcus aureus, dan Proteus vulgaris.

3. Bisa menurunkan kolesterol

Merokok adalah sebuah kebiasaan buruk dan hal ini berdampak pada kesehatan organ pernapasan hingga peningkatan kadar kolesterol tubuh.

Dalam sebuah penelitian dari University of Illinois College of Medicine menyebutkan bahwa minum jus mengkudu selama waktu satu bulan, ini bisa mengurangi kadar kolesterol LDL pada perokok berat.

Baca Juga: 3 Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Agar Rezeki Lancar dan Berkah

Akan tetapi, belum ada hasil penelitian pasti terkait manfaat buah mengkudu terhadap kasus di atas tadi.

4. Tingkatkan Energi

Mengutip halodoc.com, buah mengkudu selama ribuan telah digunakan untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. Buah ini dipercaya dapat meningkatkan energi tubuh secara menyeluruh.

5. Melembapkan Kulit

Buah mengkudu memiliki antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Buah ini dapat melembabkan dan menutrisi kulit jika digunakan sebagai lulur. Dengan kata lain buah mengkudu dapat menjadi jawaban atas kulit kering.

6. Melawan Penuaan Dini

Vitamin dan selenium yang terdapat dalam buah mengkudu dapat membantu menjaga elastisitas kulit, melawan radikal bebas dan mencegah penuaan.

Baca Juga: Persib Bandung Minta Maaf Atas Insiden Gesekan Oknum Bobotoh dan Fans PSS Sleman

Demikianlah enam manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Sumber: Yoursay.suara.com (Portal Suara.com)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT