Sukabumi Update

6 Manfaat Buah Cermai, Dapat Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

6 Manfaat Buah Cermai, Dapat Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung (Sumber : wikimedia)

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki bentuk dan warna yang cantik, ternyata manfaat buah cermai tidak bisa diremehkan begitu saja lho.

Manfaat buah cermai tersebut didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam buah tersebut, diantaranya yaitu zat besi, seng, kalsium, fosfor, polifenol, tannin, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C, begitu yang ditulis di laman RSUD Sawahlunto.

Untuk kamu yang mungkin pernah mengonsumsinya, yuk ketahui berbagai manfaat buah cermai untuk kesehatan tubuh seperti melansir dari webmd.com dan sehatq.com via Yoursay.id.

Baca Juga: Sinopsis Film The Divergent Series: Insurgent, Tayang di Bioskop Trans TV

Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada buah cermai diketahui sangat baik untuk menjaga sistem imun dan penglihatan. 

Hal tersebut tentu saja dapat menghindarkan seseorang dari masalah mata seperti xerophthalmia atau mata kering akibat kekurangan vitamin A.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Tekanan Darah

Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Buah cermai juga kaya dengan kandungan vitamin C. Antioksidan yang terkandung pada vitamin C dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dan menjaga sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Seperti diketahui vitamin C sendiri dibutuhkan tubuh untuk produksi kolagen yang berguna dalam membantu proses penyembuhan luka pada kulit.

Baca Juga: 3 Bacaan Shalawat Nabi yang Punya Manfaat Besar Jika Diamalkan

Memiliki Sifat Antibakteri, Antivirus, dan Antijamur

Dalam penelitian diketahui bahwa minyak esensial dari daun cermai dapat menghalau infeksi jamur Candida pada orang dengan sistem imun yang buruk. 

Selain itu juga dapat melawan serangan bakteri seperti Streptococcus, Listeria, dan Staphylococcus aureus.

Penelitian terbaru menemukan bahwa ekstrak minyak esensial dari buah dan daun cermai juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko kematian akibat kanker. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian terkait hal ini.

Baca Juga: Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Peradangan

Dapat Mengatasi Gangguan Tidur

Buah cermai diketahui mengandung melatonin. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pineal di otak yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur dan bangun. 

Mengonsumsi buah cermai secara teratur setiap hari dapat membantumu dalam mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Namun, jangan dilakukan untuk yang memiliki penyakit mag ya.

Baca Juga: Manfaat Self Love Ternyata Bisa Tingkatkan Produktivitas, Pernah Mencobanya?

Membantu Turunkan Berat Badan

Buah cermai hanya mengandung 57 kalori per 173 gram. Mengkonsumsi buah ini dalam jumlah banyak tidak akan mempengaruhi berat badan karena jumlah kalorinya yang rendah. Buah cermai juga dapat dikonsumsi sebagai menu diet.

Bisa Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan seperti lycopene, gamma carotene, rubixanthin, dan beta cryptoxanthin ada pada buah cermai. 

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Melancarkan Pencernaan

Antioksidan tersebut dapat membantu tubuh terhindar dari radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit stroke hingga jantung.

Buah cermai memiliki rasa asam manis yang segar. Jangan menelan bijinya ya, karena bisa menyebabkan sakit perut. Buah ini juga dapat dikonsumsi dan diolah menjadi selai, salad, hingga es krim.

Sumber: Yoursay.id (Portal Suara.com)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT