Sukabumi Update

Inilah 4 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan, Bisa Obati Masalah Pernapasan

Inilah 4 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan, Bisa Obati Masalah Pernapasan. | (Sumber : monaconatureencyclopedia.com/@Giuseppe Mazza).

SUKABUMIUPDATE.com - Kumis kucing adalah salah satu tanaman yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Namun, apakah kamu tahu jika manfaat daun kumis kucing kerap dijadikan obat herbal dan berguna bagi kesehatan?

Ya, tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus ini memiliki sederet khasiat utama seperti antiradang, antioksidan dan antibakteri. Maka dari itu, tanaman daun kumis kucing adalah salah satu bahan alami yang dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan.

Melansir dari Halodoc, manfaat daun kumis kucing dapat dijadikan obat saat diolah menjadi teh herbal. Ada berbagai macam kandungan yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengobati penyakit, seperti anti-hipertensi, diuretik, anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-inflamasi.

Baca Juga: 2 Anak Gadis yang Hilang di Cireunghas Sukabumi Ternyata Ikut Komunitas Anjal

Manfaat Daun Kumis Kucing

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman kumis kucing yang perlu Anda ketahui yang menyadur dari berbagai sumber via Suara.com, di antaranya:

1. Obat Masalah Pernapasan

Manfaat daun kumis kucing yang pertama adalah pereda masalah pernapasan, seperti batuk, sesak nafas dan asma. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mencampurkan bahan dasar olahan daun kumis kucing dengan ramuan-ramuan lainnya.

2. Obat Gula Darah

Manfaat selanjutnya adalah menurunkan kadar glukosa dalam darah. Ekstrak daun kumis kucing dipercaya berkhasiat bagi masalah-masalah yang muncul pada gula darah. Olahan daun kumis kucing dapat menghentikan trombosit darah. Tujuannya adalah mengurangi potensi terjadinya resiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Cibuntu Padabeunghar Baros, Sesar Cimandiri di Sukabumi Berkekuatan Hingga VIII MMI

3. Menurunkan Tekanan Darah

Asam rosmarinik pada daun kumis kucing menargetkan enzim vital yang dikenal sebagai Angiotensin Converting Enzymes (ACE) sehingga pembuluh darah akan membesar atau melebar dan tekanan darah berkurang.

4. Obat Infeksi Ginjal

Manfaat yang terakhir adalah obat infeksi ginjal. Diuretik dan anti bakteri adalah sifat yang dimiliki oleh bagian daun kumis kucing. Hal itulah yang kemudian membasahi bagian kandung kemih dan menghasilkan patogen untuk melindungi saluran kemih dari infeksi.

Baca Juga: Termasuk Tol Bocimi Seksi 2, Ini 18 Ruas Tol yang Ditarget Beroperasi di 2023

Cara Membuat Olahan Daun Kumis Kucing

Untuk membuat olahan daun kumis kucing. Anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah:

  • Siapkan 4-5 lembar daun kumis kucing
  • Cuci sampai semua bersih
  • Rebus dengan air sampai mendidih
  • Konsumsi air rebusan daun kumis kucing sebanyak 3 kali sehari.

Demikian ulasan tentang manfaat daun kumis kucing beserta cara mengolahnya. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan umum baru bagi Anda.

Sumber: Suara.com (Dhea Alif Fatikha)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT