Sukabumi Update

Dear Bunda, Hindari 6 Makanan Ini saat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Ilustrasi ibu hamil. Operasi caesar merupakan suatu tindakan dalam persalinan ketika seorang perempuan tak dapat melahirkan dengan cara yang normal. |Foto: Pixabay/Marncom

SUKABUMIUPDATE.com - Operasi caesar merupakan suatu tindakan dalam persalinan ketika seorang perempuan tak dapat melahirkan dengan cara yang normal. Seperti pada umumnya, pasca operasi maka tahap selanjutnya adalah pemulihan.

Tahap pemulihan pasca operasi caesar memang membutuhkan waktu, namun Bunda tak perlu khawatir mengenai hal ini. Sebab dokter akan terus memantau perkembangannya.

Disamping itu Bunda juga perlu memperhatikan hal apa saja yang menjadi pantangan saat proses pemulihan, salah satunya selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi.

Ingat, makanan ikut mempengaruhi proses pemulihan pasca operasi caesar. 

Baca Juga: Heboh Kartu Iuran SD di Ciracap Sukabumi, Begini Penjelasan Sekolah dan Disdik

Lalu apa saja makanan yang dihindari bagi ibu pasca operasi caesar, berikut daftarnya yang dirangkum tempo.co:

Makanan pedas

Umumnya, ibu akan sulit buang air besar pasca melahirkan. Oleh karena ini, hindari makanan pedasa yang bisa menyebabkan mulas karena asam lambung. Jika ibu sering ke toilet dan mengejan, maka luka pemulihan bisa terbuka hingga akan lebih lama sembuhnya. Selain ini, makanan pedas akan mempengaruhi rasa ASI dan membuat bayi akan menolak menyusu.

Makanan manis

Makanan dengan tambahan gula dapat menyebabkan peradangan sehingga akan mempengaruhi proses penyembuhan luka pasca operasi.

Baca Juga: Tampil Lebih PD Tanpa Perut Buncit, Ini 4 Tips untuk Mengecilkan Lemak Tubuh

Kafein

Minuman berkafein seperti kopi atau teh perlu dibatasi usai melahirkan. Selain kafein dapat masuk ke ASI dan mempengaruhi bayi, kafein juga dapat meningkatkan katekolamin, yaitu neurotransmiter yang terlibat dalam respons stres di tubuh. Jika katekolamin terus meningkat dalam waktu berkepanjangan, ini dapat menyebabkan peradangan.

Gorengan

Terlalu banyak makan makanan yang digoreng akan membuat makanan sulit dicerna tubuh dan mengakibatkan perut kembung. Sehingga akan lebih baik jika Ibu makan makanan yang direbus atau kukus usai melahirkan.

Baca Juga: Bupati Sukabumi Berharap Durian Kalapanunggal Lebih Dikenal Masyarakat Luas

Makanan yang mengandung gas

Ibu harus menghindari makanan yang mengandung gas seperti kacang polong kering, kembang kol, brokoli, dan bawang. Sebab, akan meningkatkan produksi gas dalam tubuh, sehingga ibu akan merasa tidak nyaman pada di daerah bekas luka operasi.

Minuman Keras

Mengonsumsi minuman beralkohol tidak hanya dihindari pasca operasi caesar. Sebab, bagi siapapun, terlalu banyak minum miras tidak baik bagi kesehatan. Bagi ibu melahirkan, kandungan alkohol akan mengganggu kemampuan ibu untuk menyusui serta mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Sumber: Tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT