Sukabumi Update

5 Manfaat Minyak Telon untuk Kesehatan Tubuh Bayi, Yuk Simak!

5 Manfaat Minyak Telon untuk Kesehatan Tubuh Bayi, Yuk Simak! (Sumber : shutterstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Minyak telon merupakan salah satu minyak yang sering orang tua berikan untuk bayi, dan memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Minyak telon adalah campuran dari tiga jenis minyak alami, minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Dan setiap kandungan dalam minyak alami tersebut memberikan efek yang berbeda-beda.

Istilah minyak telon sebenarnya diambil dari bahasa Jawa yang berarti ‘telu’ atau dalam bahasa Indonesia diartikan menjadi ‘tiga’.

Baca Juga: Sinopsis Film Maggie Ceritakan Wabah Zombie yang Menegangkan dan Menyedihkan

Hal tersebut tentu saja mengacu pada tiga minyak alami yang menjadi bahan terciptanya minyak telon.

Dan berikut lima manfaat minyak telon untuk kesehatan tubuh bayi seperti merangkum dari Suara.com, Jumat (17/2/2023).

1. Dapat Menghangatkan tubuh

Baca Juga: 3 Amalan Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Selamat dan Menjadi Anak Saleh

Setiap orang pasti sudah mengetahui, jika penggunaan minyak telon ini adalah untuk menghangatkan tubuh pada bayi maupun orang dewasa.

Rasa hangat yang ditimbulkan oleh minyak telon berasal dari minyak kayu putih. Hal ini baik agar sang bayi tidak mudah kedinginan setelah mandi.

2. Dapat Mencegah Perut Kembung

Bayi sangat rentan mengalami perut kembung. Oleh sebab itu kandungan minyak adas pada minyak telon dipercaya mampu mencegah perut kembung. 

Saat menggunakannya, pastikan untuk mengoleskan minyak telon pada bagian perut untuk meredakan perut kembung.

3. Dapat Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan juga sering dialami oleh bayi atau balita. Orang tua dapat mengoleskan minyak telon pada perut bayi untuk mengatasi masalah pencenaan yang dirasakan oleh sang bayi.

4. Menghindari Sang Bayi dari Serangga

Kulit bayi yang masih halus sangat rentan terhadap gigitan nyamuk. Biasanya akan muncul ruam kecil pada bagian tubuh bayi setelah digigit nyamuk. 

Untuk mengatasinya, orangtua dapat mengoleskan minyak telon setelah mandi maupun sebelum tidur. Aroma yang menyengat pada minyak telon ini mampu menghindarkan nyamuk hinggap pada kulit bayi.

5. Dapat Meredakan Hidung Mampet

Minyak telon juga memiliki aroma yang dapat meringankan hidung tersumbat pada bayi. Khasiat ini diduga berasal dari kandungan sineol dalam minyak kayu putih, yang dapat mengencerkan lendir dalam hidung sehingga mudah dikeluarkan.

Nah, itulah lima manfaat minyak telon yang baik untuk kesehatan tubuh sang bayi. Pastikan untuk selalu memilih produk minyak telon yang terpercaya serta tetap memperhatikan kandungan dalam kemasan minyak kayu putih. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Sumber: Suara.com (Muhammad Zuhdi Hidayat)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT