Sukabumi Update

5 Manfaat Paria untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah dan Kolesterol Jahat

5 Manfaat Paria untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah dan Kolesterol Jahat (Sumber : Freepik/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Paria atau orang lebih mengenalnya dengan nama pare merupakan tanaman merambat yang masuk kedalam tanaman jenis labu-labuan dengan nama latin Momordica charantia.

Paria ini merupakan salah satu tanaman yang sangat terkenal dengan rasanya yang pahit. Meskipun begitu, tidak sedikit orang Indonesia yang kerap kali mengkonsumsinya dengan diolah menjadi berbagai macam jenis masakan.

Hal tersebut tentu saja karena Paria memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, jadi orang-orang tidak akan menyerah untuk mengkonsumsi Momordica charantia ini.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Mengutip dari Alodokter.com, banyaknya manfaat dari Paria ini didapatkan dari berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya, seperti vitamin, seperti vitamin A, C, E, B1, B2, B3, dan B9. 

Pare - Ilustrasi buah dan sayuran yang berbahaya bagi kesehatan. |Ilustrasi Paria (Sumber: Freepik)

Selain itu pare juga mengandung mineral, seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, serta kandungan senyawa antioksidan, seperti fenol, dan flavonoid.

Dan berikut lima manfaat Paria untuk kesehatan tubuh yang tentunga penting seperti melansir sari Yoursay.id, Senin (27/2/2023).

1. Dapat Mengontrol Gula Darah

Kandungan magnesium pada Paria berfungsi untuk memaksimalkan kerja hormon insulin. Dilansir dari World Journal of Diabetes, kondisi diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kurangnya magnesium di dalam tubuh.

Meski demikian, kandungan pare tidak serta-merta dapat kamu gunakan untuk pra-diabetes atau diabetes. Konsultasikan dulu ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

2. Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Paria diketahui mengandung antioksidan yang sangat tinggi, salah satunya adalah vitamin C. Antioksidan sendiri membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh, seperti radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Paria memiliki kandungan flavonoid, seperti a-karoten, b-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

4. Dapat Meredakan Asma dan Gangguan Pernapasan Lainnya

Kandungan nutrisi pada Paria mampu mencegah penyakit pernapasan umum, seperti batuk, flu, atau bahkan pilek.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, jus pare dapat digunakan untuk mengobati kondisi pernapasan tertentu, seperti batuk kering, bronkitis, dan asma selama ratusan tahun.

5. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan jika ekstrak Paria dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mencegah penumpukan kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat tersebut diketahui berasal kandungan serat, kalium, dan antioksidan.

Itulah lima manfaat Paria untuk Kesehatan, semoga informasi ini membantu dan menambah pengetahuan Updaters.

Sumber: Yoursay.id (Portal Suara.com)

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT