Sukabumi Update

4 Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Buka Puasa dan Sahur di Bulan Ramadan

4 Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Buka Puasa dan Sahur di Bulan Ramadan. | (Sumber : Freepik.com/@ azerbaijan_stockers.)

SUKABUMIUPDATE.com - Kurma adalah salah satu buah yang banyak dibudidayakan di daerah timur tengah seperti Mesir, Irak dan Arab Saudi. Buah kurma juga sering dijadikan menu berbuka puasa dan menu saat santap sahur.

Kurma yang memiliki cita rasa manis dan daging lembut, sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat bulan puasa nanti. Bahkan, kurma dianjurkan dikonsumsi oleh Rasulullah SAW.

Seperti yang diriwayatkan dalam hadits Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma , sebab kurma itu mendatangkan berkah. Namun apabila tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih."

Baca Juga: Keluarga Singgung Hukuman Mati, Siswa SD di Sukabumi Ternyata Dibacok Depan Adiknya

Selain itu, mengutip dari Alodokter, dalam 100 gram kurma mengandung sekitar 280 kalori dan beragam nutrisi seperti 2–2,5 gram protein, 75 gram karbohidrat 65 gram gula, 7–8 gram serat, 65 miligram kalsium, 650 miligram kalium, 1 mg zat besi, 0,5 miligram zinc, 150 IU vitamin A.

Maka dari itu, mengonsumsi kurma untuk menu buka puasa dan menu sahur sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Nah, penasaran apa saja manfaat kurma ketika dikonsumsi saat bulan Ramadan nanti? Dikutip Joglo.suara.com (Portal Suara.com), berikut ulasannya.

1. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah mudah turun drastis saat puasa. Solusinya adalah dengan menikmati buah kurma ketika berbuka puasa.

Baca Juga: Kata Polisi Soal Bendera dalam Kasus Siswa SD Dibacok di Palabuhanratu Sukabumi

Kurma memiliki dampak glikemik yang rendah sehingga membantu penderita diabetes tipe-2 kembalikan gula darah mereka ke posisi aman.

2. Antioksidan Bagi Tubuh

Terdapat antioksidan yang jumlahnya cukup banyak per butir buah kurma, sehingga bermanfaat untuk mencegah peradangan.

Jenisnya adalah antosianin dan karotenoid pada kurma segar, dan polifenol pada kurma kering. Kurma Khalas dibuktikan memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Jadi cocok untuk menjaga kondisi tubuh kamu selama puasa Ramadan.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Nutrisi bernama magnesium adalah mineral yang membantu menurunkan tekanan darah dengan membantu pelebaran pembuluh darah. Kurma mengandung sampai 80 miligram per butir, sehingga baik untuk penderita hipertensi.

Baca Juga: Fabian Dhany Sukmawan, Crosser Cilik Berbakat Asal Sukabumi

Konsumsi kurma dengan jumlah ganjil yakni 3, 5, atau 7 disunnahkan saat berbuka puasa. Karena selain mengikuti anjuran Islam juga bisa menurunkan tekanan darah.

4. Menjaga Massa Tulang

Terakhir adalah menjaga massa tulang. Kurma dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang dengan menjaga massanya agar tetap padat.

Terutama bermanfaat bagi wanita yang jelang usia menopause. Nutrisi bernama kalium, terdapat pada satu kurma kering dengan jumlah mendekati 140 miligram. Kalium akan membantu menjaga massa tulang tetap padat.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Nah, itu tadi informasi mengenai 4 manfaat kurma di bulan Ramadan atau puasa. Semoga informasi ini bermanfaat dalam menjalani ibadah puasa.

Sumber: Joglo.suara.com (Portal Suara.com)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT