Sukabumi Update

5 Manfaat Berjemur Bagi Tubuh, Kurangi Depresi Hingga Meningkatkan Imun

Ilustrasi. Berjemur di bawah sinar matahari dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan membantu mencukupi kebutuhan vitamin D | Foto: Pixabay/pesja1000

SUKABUMIUPDATE.com - Berdiam diri di bawah sinar matahari langsung atau biasa disebut dengan berjemur memang diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Namun, waktu berjemur yang direkomendasikan yakni pada waktu pagi dimana sinar matahari tidak terlalu panas. Sinar matahari pagi ini dipercaya dapat membantu tubuh membuat vitamin D secara alami.

Vitamin D sendiri diketahui sangat penting dan dibutuhkan tubuh. Meskipun vitamin D bisa didapat dari makanan seperti ikan, kuning telur, dan sebagian besar dikonsumsi melalui produk yang diperkaya seperti susu. Namun, vitamin D bisa sulit didapat dari makanan saja.

Baca Juga: Ayo Berjemur! Ini 7 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh

Melansir dari Healthline via Tempo.co, berikut beberapa manfaat berjemur di bawah sinar matahari langsung untuk tubuh.

1. Mampu mengurangi depresi

Lebih sedikit gejala depresi setelah menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yang dapat meningkatkan mood dan meningkatkan perasaan tenang.

Bahkan tanpa depresi, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari akan meningkatkan suasana hati.

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga Pagi untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan

2. Memperbaiki kualitas tidur

Berjemur dapat membantu mengatur ritme sirkadian dan tubuh akan mulai mengantuk saat matahari terbenam.

3. Memperkuat Tulang

Vitamin D dari matahari membantu tubuh menyerap kalsium, yang membuat tulang lebih kuat dan dapat membantu mencegah osteoporosis dan artritis.

Baca Juga: Kampung Adat Miduana, Destinasi Wisata Budaya Tersembunyi di Cianjur

4. Meningkatkan Imun tubuh

Vitamin D membantu tubuh melawan penyakit, termasuk penyakit jantung, sklerosis otot, flu, dan tertentu penyakit autoimun dan kanker.

5. Menurunkan Risiko Persalinan Prematur

Vitamin D dapat melindungi terhadap persalinan prematur dan infeksi yang berhubungan dengan kelahiran.

Baca Juga: 5 Laga Sisa PSM Makassar, Jalan Menuju Gelar Juara Liga 1?

Dari Times of India, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sejumlah gejala, seperti kelelahan, kelemahan nyeri otot dan nyeri tulang, kemungkinan patah tulang, meningkatnya kesulitan dalam menyembuhkan luka.

Perubahan suasana hati seperti kecemasan atau depresi rambut rontok serta kelemahan sistem kekebalan menyebabkan infeksi berulang yang berkaitan dengan usia penurunan kognitif pada orang dewasa menunda perkembangan dan pertumbuhan pada anak-anak juga bisa terjadi akibat kekurangan vitamin D.

Sehingga pentingnya paparan sinar matahari pagi yang tepat tergantung pada usia, riwayat kesehatan, jenis kulit, kualitas udara hingga tempat tinggal.

Meski begitu, durasi berjemur yang diyakini dapat memberikan manfaat secara optimal adalah selama 5-15 menit.

Sumber: Tempo.co/Malini

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT