Sukabumi Update

Jantung Berdebar Usai Minum Kopi? Simak 8 Cara Menghilangkannya

Ilustrasi. Jantung Berdebar Usai Minum Kopi? Simak 8 Cara Menghilangkannya.| Foto: Pixabay
SUKABUMIUPDATE.com - Bagi para penikmat kopi mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami jantung berdebar setelah minum kopi. Hal itu bisa saja disebabkan karena terlalu banyak minum kopi, terlebih kopi memiliki kandungan kafein cukup tinggi.
 
Kafein pada kopi dapat menstimulasi sistem saraf dalam tubuh yang memicu badan jadi terjaga sehingga timbulah rasa gelisah atau jantung yang berdebar secara cepat. Hal itu kemudian berefek pada tubuh yang merasa tidak nyaman dan terganggu.
 
Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengikuti cara-cara dibawah ini agar setelah minum kopi tidak menimbulkan jantung berdebar. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jantung berdebar setelah minum kopi yang dikutip via Akurat.co.
 
1. Minum air putih
 
Cara menghilangkan jantung berdebar setelah minum kopi yang pertama adalah dengan minum air putih. Minumlah air putih yang cukup untuk membantu menghilangkan dehidrasi dan meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga: Apakah Merokok Saat Puasa Ramadan Bikin Batal? Simak Penjelasannya

 
2. Istirahat
 
Cara menghilangkan jantung berdebar setelah minum kopi selanjutnya adalah dengan memperbanyak istirahat. Berbaring dan istirahat sejenak untuk menenangkan diri dan mengurangi stres.
 
3. Tarik dan buang nafas
 
Cara menghilangkan jantung berdebar setelah minum kopi juga dapat kamu lakukan dengan menarik dan buang nafas, agar dirimu lebih rileks dan detak jantung lebih tertata. Melakukan latihan pernapasan yang dalam dan perlahan dapat membantu menenangkan jantung dan sistem saraf.
 
4. Hindari minum kopi
 
Selanjutnya jika jantung berdebar setelah minum kopi, hindari minum kopi atau minuman yang mengandung kafein.

Baca Juga: 6 Ibadah di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Bagi Umat Muslim

 
5. Konsumsi makanan sehat
 
Cara untuk menghilangkan jantung berdebar setelah minum kopi adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung magnesium, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.
 
6. Olahraga
 
Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi stres. Berolahraga juga bisa membuat detak jantungmu lebih rileks dari sebelumnya. 
 
7. Konsumsi suplemen magnesium
 
Cara selanjutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen magnesium. Magnesium dapat membantu mengatur detak jantung dan mengurangi gejala jantung berdebar. Namun dengan catatan jangan terlalu sering mengonsumsi suplemen tersebut. 
 
8. Minum teh herbal
 
Minum teh herbal yang mengandung kandungan antioksidan, seperti teh hijau atau chamomile dapat membantu menenangkan jantung.

Baca Juga: 7 Tips Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadan, Yuk Dicoba!

 
Itulah cara-cara menghilangkan jantung berdebar setelah minum kopi. Semoga bermanfaat.
 
Sumber: Akurat.co

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT