Sukabumi Update

4 Manfaat Mengonsumsi Timun Suri Saat Buka Puasa Ramadan

4 Manfaat Mengonsumsi Timun Suri Saat Buka Puasa Ramadan. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Timun suri yang memiliki tekstur lembut dan rasa manis ini kerap kali dijadikan menu takjil untuk buka puasa Ramadan. Buah satu ini juga ternyata menyimpan beragam manfaat baik.

Buah yang mempunyai nama latin Cucumis Sativus ini mengandung nutrisi baik seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, Asam linoleat, Magnesium, Kalsium, Kalium, Fosfor dan Potasium.

Mengutip Nu Online yang merangkum buku Timun Suri dan Blewah - Kandungan & Khasiat, Kumpulan Resep Minuman. Berikut ini empat manfaat mengonsumsi timun suri bagi tubuh manusia saat puasa Ramadan.

1. Bisa Menghidrasi tubuh

Timun suri yang mempunyai kandungan air sangat baik bagi untuk menghidrasi tubuh, apalagi dikonsumsi sewaktu buka puasa.

Baca Juga: Telat Sahur, Apa Masih Boleh Minum Saat Adzan Subuh? Ini Kata Ulama

Jika dikonsumsi secara teratur, timun suri dapat mengembalikan hidrasi tubuh yang hilang setelah seharian puasa.

2. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Karena timun suri mengandung air dan serat yang melimpah, dua faktor itulah yang membantu sistem pencernaan menjadi lancar dan sehat.

Oleh karenanya, buah ini dianjurkan dikonsumsi saat terjadi masalah pencernaan. Selain membantu mengatasi buang air besar, timun suri juga dapat meringankan gejala penyakit maag.

3. Kaya Sumber Antioksidan

Timun suri sangat kaya antioksidan karena buah ini mengandung vitamin C, flavonoid, beta karoten, triterpen dan lignan yang berfungsi sebagai antiradang.

Baca Juga: Apakah Merokok Saat Puasa Ramadan Bikin Batal? Simak Penjelasannya

Tak hanya itu saja, timun suri dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Karena radikal bebas adalah penyakit berbahaya bagi manusia dan salah satu yang dapat mencegahnya adalah antioksidan.

4. Bantu Sembuhkan Panas Dalam

Timun suri dapat menyembuhkan panas dalam karena kandungan airnya yang tinggi. Kandungan air itu sebagai pelarut bagi mineral, vitamin B, vitamin C, glukosa, asam amino dan molekul-molekul kecil yang dapat keluar masuk sel dengan sangat baik.

Baca Juga: Cerita Pelawak Parto Diajak Berburu di Sukabumi, Simak Keseruannya

Buah timun suri juga punya peran detoksifikasi yang baik dalam mempertahankan suhu tubuh. Timun Suri dapat menyerap atau melepaskan panas secara perlahan, sehingga timun suri dianjurkan dikonsumsi saat panas dalam.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT