Sukabumi Update

5 Rekomendasi Jenis Olahraga yang Ringan dan Aman Saat Puasa Ramadan

Ilustrasi. 5 Rekomendasi Jenis Olahraga yang Ringan dan Aman Saat Puasa Ramadan. (Sumber : Freepik)
SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang yang khawatir olahraga di bulan puasa Ramadan dapat menyebabkan haus, lemas hingga dehidrasi. Padahal, jika olahraga dilakukan dengan cara tepat bisa bikin badan makin kuat dan sehat.
 
Ya meskipun kondisi tubuh kita tidak sama seperti hari biasanya, namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar olahraga tidak mengganggu ibadah puasa Ramadan. 
 
Lantas, jenis olahraga apa saja yang paling disarankan dilakukan di bulan puasa Ramadan? Berikut ini rekomendasi olahraga aman dan ringan yang dikutip via Tempo.co.
 
1. Bersepeda 
 
Bersepeda akan membakar kalori dan lemak. Lalu, mengencangkan otot, menyehatkan jantung, dan membuang stres. Antara lain, olahraga bersepeda pada saat Anda puasa memberi banyak kesehatan tubuh:
 
  • Melindungi Anda dari rasa nyeri dan kekakuan sendi
  • Bersepeda sebagai salah satu latihan aerobik bagi jantung, kotak, keseimbangan tubuh, dan pembuluh darah
  • Duduk sambil mengayuh akan membentuk otot bokong, kaki, paha, serta kekuatan tulang secara signifikan.

Baca Juga: Cerita Pelawak Parto Diajak Berburu di Sukabumi, Simak Keseruannya

 
2. Yoga 
 
Yoga bisa menjaga tubuh Anda agar tetap segar dan bugar tanpa mengganggu aktivitas harian. Olahraga yoga sangat baik untuk Anda lakukan setelah pulang kerja agar kesehatan mental tetap terjaga. 
 
Di mana gerakannya terfokus pada teknik pernapasan yang bisa meregangkan otot dan relaksasi otak. Anda bisa melakukan yoga secara mandiri di tenangnya area rumah sambil menunggu berbuka puasa.
 
3. Jogging Ringan 
 
Lakukan jogging ringan atau gerakan intensitas yang rendah. Anda disarankan untuk semangat jogging pada pagi hari di mana tubuh masih menyimpan banyak energi. Disarankan juga untuk melakukan jogging hanya 30 menit per hari. Kemudian, Anda perlu mengatur nafas dan tidak perlu memaksa diri jika rasa haus sudah muncul.
 

Baca Juga: Telat Sahur, Apa Masih Boleh Minum Saat Adzan Subuh? Ini Kata Ulama

 
4. Jalan Santai 
 
Jalan santai menjadi favorit masyarakat berbagai  usia terutama di weekend. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai pola hidup sehat saat puasa. Aktivitas fisik jalan santai akan meningkatkan lebih baik kinerja jantung, otot, dan tulang. Stamina Anda akan terjaga tanpa menyebabkan rasa haus berlebihan sebelum waktu buka puasa tiba.
 
5. Peregangan Otot (stretching)
 
Peregangan otot akan mencegah badan Anda dari rasa lemas dan kaku karena peredarah darah yang tidak lancar. Olahraga ini cukup mudah dilakukan terutama bagi Anda yang enggan untuk olahraga. 
 

Baca Juga: Apakah Merokok Saat Puasa Ramadan Bikin Batal? Simak Penjelasannya

 
Bertambahnya usia, otot-otot Anda mulai kaku dan rentang gerak menurun. Hal tersebut bisa dicegah melalui peregangan otot secara rutin sehingga fleksibilitas gerak Anda akan bebas dan kembali berkekuatan muda lagi.
 
Sumber: Tempo.co (Nia Heppy/Alfi MUuna Syarifah)
 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT