Sukabumi Update

Disebut Basic Life Skill, Inilah 5 Manfaat Memasak bagi Kesehatan Mental

Ilustrasi. Family Cooking | Basic Life Skill: Manfaat Memasak bagi Kesehatan Mental (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Memasak adalah kegiatan menyiapkan makanan dengan cara mengolah dan memanaskan bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi. Memasak terdiri dari berbagai macam metode, teknik, peralatan dan kombinasi bumbu dapur.

Kegiatan Memasak ini tak hanya menjadi ajang kompetisi seperti Master Chef Indonesia atau sekadar hobby kuliner saja, melainkan sering disebut basic life skill. Kemampuan Memasak bisa membuat seseorang bertahan hidup dengan murah dan sehat tanpa khawatir dompet bocor.

Mengutip Verywell Mind via Tempo, Memasak bermanfaat untuk kesehatan mental, seperti meredakan stres dan kecemasan, meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan hingga menumbuhkan rasa syukur dan hubungan sosial. Memasak juga menjadi cara yang menyenangkan dan menenangkan untuk melupakan masalah sehari-hari.

Baca Juga: Shalat Idul Fitri di Az Zaytun Indramayu Viral, Perempuan-Lelaki Satu Shaf

Keberhasilan ketika Memasak juga membangun rasa percaya diri yang positif sehingga akan meningkatkan kreativitas seseorang dalam mengkreasi bahan-bahan. Mengutip Medical News Today, berikut beberapa Manfaat Memasak bagi Kesehatan Mental:

Basic Life Skill: Manfaat Memasak bagi Kesehatan Mental

1. Meningkatkan keterampilan

Memasak membantu seseorang mengembangkan keterampilan hidup, seperti perencanaan, organisasi, dan pengambilan keputusan.

Baca Juga: Inilah 5 Amalan Sunnah di Bulan Syawal: Puasa hingga Menikah

Manfaat Memasak ini meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan dalam menyelesaikan tugas.

2. Fokus

Saat Memasak tentu harus berfokus dan melupakan masalah atau stres, sehingga ini bisa membantu meredakan kecemasan, stres, dan gejala depresi.

3. Meningkatkan kreativitas

Aktivitas Memasak mengutamakan kreativitas dalam mencampur bahan-bahan dan mempelajari resep. Proses Memasak meningkatkan imajinasi dan kemampuan kreatif.

4. Melatih rangsangan indra

Aktivitas Memasak mengutamakan fungsi panca indera, melihat, membaui, dan merasakan.

Baca Juga: Apakah 6 Hari Puasa Syawal Harus Berurutan? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Memasak dapat membantu seseorang merasakan kenikmatan dan kepuasan dalam membuat dan menikmati hidangan.

5. Menumbuhkan rasa syukur

Memasak menumbuhkan rasa syukur terhadap makanan, kemampuan, dan proses. Memasak membuat orang menghargai makanan dan bersyukur atas kesempatan untuk menikmati hidangan.

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT