Sukabumi Update

Jangan Dilakukan! 4 Efek Buruk Minum Air Dingin saat Cuaca Panas Menurut Dokter

Dokter mengungkapkan bahaya minum air dingin di tengah cuaca panas ekstrem | Foto: Pixabay/Ri_Ya

SUKABUMIUPDATE.com - Minum air dingin saat cuaca panas menyengat memang dianggap sebagai hal yang nikmat. Air dingin dinilai bisa menyegarkan tubuh yang kepanasan.

Namun, meminum air dingin di tengah cuaca panas tidak direkomendasikan. Alih-alih bisa menyegarkan tubuh, justri air dingin dianggap berbahaya bagi kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, dr. Melisa Diah Puspitasari, Sp.PD yang dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Kemenkes Ingatkan Cuaca Panas Buat Nyamuk Makin Agresif, Waspada DBD dan Malaria

dr. Melisa menjelaskan jika air dingin sama seperti air biasa karena saat masuk ke tubuh akan jadi netral. Pasalnya air yang masuk ke dalam tubuh lebih dulu melewati sistem pencernaan, sehingga suhunya akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

"Namun ini bukan berarti minum air dingin selamanya aman untuk tubuh, karena air dingin tetap bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan apabila dikonsumsi terlalu sering baik dalam cuaca panas atau normal, terutama jika Anda memiliki alergi pada suhu dingin," jelas dr. Melisa melalui keterangan yang diterima suara.com, Jumat (5/5/2023).

Berikut ini beberapa dampak buruk minum air dingin saat cuaca panas ekstrem yang dharus diwaspadai menurut dr. Melisa.

Baca Juga: Bisa Bikin Mobil Terbakar, Hati-hati Parkir di Ruang Terbuka saat Cuaca Panas

1. Batuk

Air dingin menyebabkan lendir di dalam saluran pernapasan menebal dan mengeras. Ini membuat tenggorokan menjadi terasa gatal dan akhirnya menyebabkan batuk.

2. Flu

Suhu dingin yang disebabkan air dingin dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Meski tidak menyebabkan flu secara langsung, air dingin bisa memperburuk kondisi dan menghambat proses penyembuhan.

Baca Juga: Kemenkes Bagikan Tips Hadapi Cuaca Panas Ekstrem, Hindari Minuman Berkafein!

3. Sakit Tenggorokan

Saat cuaca panas tubuh menjadi lebih rentan untuk terinfeksi panas dalam atau radang tenggorokan, dan mengonsumsi air dingin bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan.

Ini karena air dingin dapat memperburuk iritasi di tenggorokan, sehingga bisa memperlambat proses penyembuhan saat terinfeksi radang tenggorokan.

Minuman dingin dengan es batu di dalamnya juga perlu diperhatikan dari sisi kebersihannya. Harus dipastikan bahwa es yang diminum berasal dari air matang atau layak untuk diminum.

Baca Juga: 5 Makanan yang Cocok Disantap Saat Cuaca Panas, Bukan Es Ya!

"Bila es batu tersebut berasal dari air mentah tentu saja akan mengandung banyak kuman penyakit yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, infeksi saluran nafas atas ataupun diare," papar dr. Melisa.

4. Sakit Kepala

Sering minum air dingin juga dipercaya menyebabkan sakit kepala melalui sebuah penelitian melibatkan 669 perempuan, terutama pada orang yang rentan terkena migrain atau nyeri kepala sebelah.

"Air dingin juga dapat mengganggu sensitivitas gigi Anda dan menyebabkan rasa ngilu yang bisa berujung menjadi sakit kepala," tutup dr. Melisa.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT