Sukabumi Update

5 Manfaat Getah Pepaya Bagi Kesehatan, Atasi Luka Bakar Hingga Obati Sakit Gigi

5 Manfaat Getah Pepaya Bagi Kesehatan, Atasi Luka Bakar Hingga Obati Sakit Gigi. (Sumber : Pexels/BLAXTAR ESSENTIALS)

SUKABUMIUPDATE.com - Pepaya adalah salah satu buah yang hidup di iklim tropis termasuk Indonesia. Buah ini mampu adaptasi dari diberbagai kondisi tanah.

Buah yang berbentuk lonjong ini selain enak untuk dikonsumsi, ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ternyata tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, getah pepaya pun memiliki khasiat menyehatkan.

Menghimpun via Tempo.co, berikut ini ada beberapa manfaat getah pepaya yang bagus untuk kesehatan tubuh.

1. Atasi Tumit Pecah-pecah

Dilansir dari pkk.uma.ac.id, getah pepaya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Anda perlu memilih pepaya muda, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, tunggu hingga getah bening berwarna putih pekat keluar.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Getah tersebut bisa dioleskan pada tumit yang pecah-pecah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Obati Luka Bakar

Mengutip dari repository.unhas.ac.id, Getah pada pepaya mengandung enzim papain dan substansi antibacterial yaitu carpain. Kedua senyawa ini mempunyai efek positif dalam penyembuhan luka bakar.

Baca Juga: Review Film Sewu Dino, Kisah Gadis Muda Terjebak Praktik Santet 1.000 Hari

Untuk mengobati luka bakar Anda hanya perlu menyiramkan air pada luka, setelah itu tunggu hingga 30 menit kemudian oleskan getah pepaya pada luka.

3. Mengobati Gatal-gatal

Dilansir dari pmg.bandaacehkota.go.id, buah pepaya mengandung asam amino serta papain yang berkhasiat untuk mengobati gatal - gatal pada kulit. Getah pepaya dapat dimanfaat sebagai obat luar untuk tubuh gatal.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laundry Pakaian di Kota Sukabumi, Cocok Untuk yang Males Nyuci!

Caranya cukup mudah, oleskan getah dari buah pepaya yang masih muda. Agar tidak terjadi infeksi, bersihkan dulu kulit sebelum diolesi.

4. Obati Sakit Gigi

Sakit Gigi memang membuat Anda menjadi tidak nyaman. Sakit gigi dapat disebabkan banyak hal, salah satunya adalah gigi berlubang. Getah pepaya mengandung enzim protease yang dapat meredakan sakit dan nyeri pada gigi berlubang.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Colt Mini L300 Bogor-Sukabumi, Angkutan Super Ngebut!

Untuk meredakan sakit gigi dengan getah pepaya sangat mudah, getah pepaya dicuci bersih, kemudian teteskan pada gigi Anda yang sakit menggunakan bola kapas.

5. Hilangkan Jerawat

Getah pepaya ternyata bisa menghilangkan jerawat. Getah pepaya bisa dijadikan bahan alami untuk mengobati masalah jerawat. Caranya, pertama cuci wajah yang berjerawat dengan bersih menggunakan sabun khusus wajah.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toko HP di Sukabumi yang Terpercaya, Lengkap dengan Alamatnya!

Kemudian ambil satu buah pepaya muda dan cuci bersih. Selanjutnya gores gores pada kulit buah pepaya hingga mengeluarkan getah putih pucat. lalu oleskan getah itu pada bagian berjerawat. Terakhir, tunggu hingga kering lalu dibilas dengan air bersih.

Sumber: Tempo.co

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT