Sukabumi Update

4 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Batuk Alami

4 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Batuk Alami (Sumber : via istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kedondong atau yang dikenal dengan sebutan ambarella merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kedondong juga menghasilkan buah yang memiliki rasa sangat asam jika dimakan, namun rasanya tersebut sangat cocok untuk dijadikan rujak yang bisa disantap saat siang hari.

Buah kedondong sendiri memiliki bentuk yang lonjong berwarna hijau dengan tekstur keras. Daging dari buah tersebut juga keras dan didalamnya terdapat akar.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tempat Makan Mie Ayam di Sukabumi, Enak dan Murah Meriah!

Meskipun memiliki rasa yang sangat asam, namun buah kedondong ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Hal tersebut lantaran buah ini mengandung berbagai macam nutrisi seperti, serat, karbohidrat, lemat, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, dan fosfor. 

Lantas apa saja ya manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh? Simak selengkapnya di bawah ini, seperti menghimpun dari Suara.com.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Seafood di Sukabumi, Enak dan Populer!

1. Bisa Dijadikan Sebagai Obat Batuk Alami

Khasiat buah kedondong yang jarang diketahui orang adalah untuk menyembuhkan gejala batuk. Kebanyakan orang Jawa saat batuk, yakni menghindari kedondong dan nanas. 

Padahal, Buah Kedondong memiliki senyawa alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk. Sehingga buah kedondong sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki gejala batuk.

2. Bisa Jadi Obat Sakit Perut atau Diare

Buah kedondong mengandung asam yang tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu pembentukan asam lambung secara alami. 

Dengan begitu seseorang yang memiliki masalah pencernaan, diare, atau BAB yang tidak lancar, maka buah kedondong adalah salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. 

Anda  bisa mengkonsumsi buah kedondong pada siang hari setelah makan, dan pada malam hari sebelum tidur.

3. Bisa Mengobati Luka pada Kulit

Kandungan vitamin C pada buah kedondong berkisar 34 mg per 100 gram. Vitamin C sendiri merupakan sumber utama antioksidan bagi kesehatan tubuh. 

Karena manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan kebal terhadap infeksi yang disebabkan oleh penyakit. 

Selain itu, manfaat Vitamin C dalam buah kedondong berperan sebagai nutrisi yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel. 

Karena itu membuat luka kulit cepat tertutup dengan pertumbuhan sel baru dan cepat. Cara pengaplikasiannya sangat sederhana, Anda hanya menggunakan getah buah kedondong untuk dioleskan ke seluruh bagian luka luar (kulit).

4. Dapat Mengatasi Anemia

Dampak dari anemia tentu sangat meresahkan bagi penderitanya. Mual, pusing, dan sesak napas sangat mengkhawatirkan keadaan penyakitnya. 

Nutrisi utama yang dibutuhkan oleh penderita anemia adalah zat besi. Asupan zat besi yang seimbang sangat penting bagi tubuh, karena zat besi digunakan untuk membantu produksi sel darah merah dalam tubuh Anda. 

Salah satu cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengkonsumsi buah kedondong.

Demikian ulasan mengenai manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang masih jarang diketahui orang-orang. 

Meski memiliki manfaat untuk kesehatan, namun sebaiknya jangan mengonsumsi terlalu berlebihan.

Sumber: Suara.com (Ulil Azmi)

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT