Sukabumi Update

Tips Minum Kopi Agar Tidak Khawatir Maag, Salah Satunya dengan Metode Decaf

Ilustrasi. Agar tidak khawatir penyakit maag Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut saat minum kopi pagi | Foto: Pixabay/shixugang

SUKABUMIUPDATE.com - Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang di Dunia tak terkecuali di Indonesia. Banyak yang menjadikan ritual minum kopi saat pagi sebagai sebuah rutinitas memulai hari.

Namun, hal tersebut kerap membuat khawatir terutama penderita masalah pencernaan seperti Maag. Asam dari kopi dikhawatirkan bisa membuat maag semakin memburuk.

Namun, jika tersebut setelah minum kopi, berikut beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kemungkinan timbulnya gejala maag saat minum kopi di pagi hari yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 8 Tips Menghadapi Orang Moody, Hindari Konfrontasi

1. Pilih kopi yang rendah asam

Beberapa varietas kopi memiliki kandungan asam yang lebih rendah, seperti kopi Arabika. Cobalah mencari kopi dengan asam yang lebih rendah untuk mengurangi potensi iritasi pada lambung.

2. Hindari minum kopi saat perut kosong

Jangan minum kopi dengan perut kosong. Sebaiknya konsumsi makanan sebelum atau bersamaan dengan minum kopi. Makanan dapat membantu melapisi dinding lambung dan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi.

Baca Juga: Tips Mengecilkan Perut Buncit dari dr. Zaidul Akbar, Mudah dan Simpel

3. Kurangi jumlah kopi yang dikonsumsi

Mengurangi jumlah kopi yang Anda minum bisa membantu mengurangi risiko timbulnya gejala maag. Cobalah untuk tidak minum terlalu banyak kopi dalam satu waktu dan batasi jumlah cangkir yang Anda konsumsi.

4. Perhatikan suhu kopi

Minumlah kopi dalam suhu yang tidak terlalu panas. Suhu kopi yang terlalu panas dapat memperburuk gejala maag. Biarkan kopi sedikit dingin sebelum diminum.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Insomnia, Mudah dan Wajib Kamu Coba!

5. Coba kopi dengan metode decaf

Jika masalah maag Anda sangat sensitif terhadap kafein, Anda mungkin ingin mencoba kopi decaf (kopi tanpa kafein) sebagai alternatif.

Meskipun kandungan asam masih ada, tapi kopi decaf bisa menjadi pilihan yang lebih lembut bagi lambung Anda. Selain itu, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki sensitivitas tubuh yang berbeda terhadap kopi dan gejala maag.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT