Sukabumi Update

31 Mei Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Ini Sederet Tujuan Hari Tersebut Diperingati

Ilustrasi. Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati pada 31 Mei setiap tahunnya untuk mengingatkan dampak buruk tembakau | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Tanpa Tembakau Sedunia, juga dikenal sebagai World No Tobacco Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tahun pada tanggal 31 Mei.

Hari peringatan tersebut dirancang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya tembakau bagi kesehatan dan mendorong masyarakat untuk berhenti merokok atau mengurangi konsumsi tembakau.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut tujuan utama Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

1. Mengedukasi masyarakat.

Yang pertama yaitu untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak buruk merokok dan konsumsi tembakau terhadap kesehatan manusia.

Baca Juga: Rokok Elektrik Berdampak Buruk Pada Gigi dan Gusi? Begini Kata Pakar Kesehatan

Tembakau telah terbukti menjadi faktor risiko utama untuk berbagai penyakit serius, termasuk kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan pernapasan lainnya.

2. Memperkuat penerapan kebijakan anti-tembakau

WHO mendorong pemerintah untuk mengadopsi kebijakan yang melarang iklan tembakau, membatasi akses anak-anak dan remaja terhadap produk tembakau, mewajibkan peringatan kesehatan yang jelas di bungkus tembakau, dan meningkatkan pajak tembakau.

Baca Juga: Perbedaan Nikotin dan Tar Dalam Rokok, Ini yang Lebih Bahaya Menurut Peneliti

3. Memberikan dukungan Untuk yang ingin berhenti merokok

Hari Tanpa Tembakau Sedunia mendorong individu yang merokok untuk mengambil langkah-langkah menuju kehidupan bebas tembakau dan memberikan informasi dan sumber daya yang berguna untuk membantu mereka dalam proses berhenti merokok.

Selama Hari Tanpa Tembakau Sedunia, berbagai kegiatan dilakukan di seluruh dunia untuk mempromosikan pesan-pesan ini mulai dari kampanye media, penyuluhan di sekolah dan tempat kerja, acara kesehatan, dan seminar tentang bahaya merokok.

Baca Juga: Inovasi Bisnis Ramah Lingkungan, Pemuda Sukabumi Sulap Puntung Rokok jadi Asbak

Banyak organisasi kesehatan dan pemerintah lokal juga mengadakan acara-acara khusus untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia adalah momentum untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif tembakau bagi kesehatan dan untuk memotivasi masyarakat agar menjalani gaya hidup bebas tembakau.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT