Sukabumi Update

6 Manfaat Minum Teh Saat Pagi, Bisa Tingkatkan Energi Agar Lebih Semangat

Ilustrasi. Inilah beberapa manfaat minum Teh saat pagi yang baik untuk tubuh | (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Teh menjadi minuman yang populer di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Teh seolah menjadi minuman wajib bagi sebagian orang saat pagi selain kopi.

Ada banyak jenis teh yang dapat dipilih, termasuk teh hitam, teh hijau, teh putih, teh oolong, dan teh herbal.

Orang-orang biasanya menikmati teh saat pagi dibarengi dengan menyantap makanan ringan seperti biskuit, roti bakar dan sebagainya.

Minum teh saat pagi juga diketahui memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, apa saja? berikut ulasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Sempat Viral, Ini 7 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh: Baik untuk Ginjal

1. Meningkatkan energi

Teh mengandung kafein yang dapat memberikan dorongan energi pada pagi hari. Kafein dapat membantu mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

2. Meningkatkan metabolisme

Beberapa jenis teh, seperti teh hijau dan teh oolong, telah dikaitkan dengan peningkatan metabolisme. Ini dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dan membantu dalam program penurunan berat badan.

Baca Juga: 6 Manfaat Pala Untuk Kesehatan, Baik Untuk Jantung dan Pencernaan

3. Antioksidan

Teh mengandung antioksidan, seperti polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis.

4. Pemenuhan hidrasi

Meskipun teh mengandung kafein, minum teh juga dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan cairan tubuh Anda. Pilihan teh tanpa kafein, seperti teh herbal, juga merupakan pilihan yang baik untuk hidrasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Manggis untuk kesehatan, dari Kulit hingga Daging Berkhasiat!

5. Relaksasi

Menikmati secangkir teh di pagi hari juga dapat menjadi momen untuk relaksasi dan membantu Anda merasa lebih tenang. Teh herbal seperti chamomile atau peppermint dapat memberikan efek menenangkan dan membantu mengurangi stres.

6. Peningkatan fungsi kognitif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam teh dapat meningkatkan kewaspadaan, perhatian, dan fungsi kognitif secara keseluruhan. Ini dapat membantu Anda menjadi lebih terjaga dan siap menghadapi tugas-tugas di pagi hari.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Peach untuk Kesehatan Tubuh, Si Cantik yang Sering Dikira Apel

Namun, perlu diingat bahwa respons terhadap minuman yang mengandung kafein seperti teh dapat bervariasi antar individu. Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap kafein dan perlu membatasi konsumsinya.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT