Sukabumi Update

24 Jam Pegang HP? Ini 7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget

Ilustrasi - 24 Jam Pegang HP? Ini 7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Di zaman yang perkembangan teknologinya semakin canggih ini, tidak sedikit orang yang kecanduan gadget mualai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Karena kecanduan gadget, bahkan ada juga orang yang 24 jam menggunakan HP tanpa merasa lelah.

Sayangnya, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. 24 jam pegang HP atau dengan kata lain kecanduan gadget bisa berdampak buruk untuk kesehatan manusia. 

Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi

Bahkan efek bermain gadget sangat menyeramkan, bisa berpengaruh pada otak hingga mental. Melansir dari mirror.co.uk via Suara.com, berikut ini dampak menggunakan gadget dalam beberapa aktivitas.

1. Sakit leher

Menurut ahli bedah tulang, memiringkan kepala sambil bermain media sosial di gadget atau lainnya bisa memberikan tekanan sebesar 27 kg pada leher.

Baca Juga: 7 Cerita Mistik Gunung Sunda Sukabumi, Benda Pusaka hingga Pesantren Gaib

Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan otot sakit dan meradang. Peneliti Australia menemukan perilaku tersebut bisa mengembangkan benjolan tulang tambahan di dasar tengkorak.

2. Gangguan Game

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengklasifikasikan gangguan game sebagai masalah kesehatan mental resmi. 

Penderita memberikan prioritas pada video game daripada aktivitas sehari-hari lainnya. Gejala termasuk kurang tidur dan mengabaikan kehidupan sosial mereka.

3. Nomofobia

Nomofobia mengacu pada kecemasan yang timbul karena tidak bisa menggunakan ponsel. Sebuah survei YouGov menemukan bahwa 53% pengguna ponsel menjadi cemas karena tidak bisa menggunakan.

Dalam kondisi ekstrem, kondisi ini bisa menyebabkan serangan panik. Namun, sebuah studi dalam Journal of Social and Clinical Psychology menemukan bahwa membatasi orang-orang seperti Facebook dan Instagram hingga 10 menit sehari dari waktu ke waktu sebenarnya dapat mengurangi gejala.

Sebuah survei menemukan 43% pengguna ponsel cerdas mengalami sakit ibu jari karena menggunakan perangkat mereka. 

Semua aktivitas motorik halus berulang seperti mengetik ponsel dapat menyebabkan mati rasa serta kram pada jari, pergelangan tangan dan lengan.

4. Luka kulit

Penggunaan ponsel berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kulit yang dijuluki PlayStation palmar hidradenitis. Kondisi ini melibatkan luka yang berkembang di tangan pemain game selama berjam-jam.

Dokter kulit menyarankan untuk tidak bermain berlebihan, terutama jika tangan Anda cenderung berkeringat. Jadi istirahatlah secara teratur untuk menghindari ketegangan.

5. Selfitis

Kebiasaan tidak bisa berhenti memposting foto narsis bisa menandakan Anda menderita selfitis. 

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki kebutuhan kompulsif untuk memposting sering kurang percaya diri.

Penderita kronis dianggap orang yang memiliki keinginan tak terkendali untuk mengambil foto dan mempostingnya di media sosial lebih dari enam kali sehari.

6. Sindrom Penglihatan Komputer

kecenderungan melihat layar ponsel selama berjam-jam bisa mengakibatkan CVS. Gejala termasuk ketegangan mata, mata kering serta penglihatan kabur.

Penelitian AS menunjukkan bahwa 90% pengguna gadget dan komputer yang berada di depan layar selama tiga jam sehari atau lebih, telah mengalami satu atau lebih gejala.

7. Kecanduan Seks

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi telah menyatakan bahwa kecanduan seks termasuk kondisi kesehatan mental. 

Sebuah studi yang dipimpin oleh para peneliti di Karolinska Institute di Swedia telah menemukan perbedaan dalam susunan genetik yang memiliki lebih banyak hormon oksitosin, membuat mereka lebih cenderung mencari seks secara kompulsif.

Itulah dampak buruk kecanduan gadget yang penting untuk diketahui, jangan sampai 24 jam pegang HP terus ya!

Sumber: Suara.com

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT