Sukabumi Update

14 Juni Hari Donor darah Sedunia, Mengingat Kembali Manfaat Penting Donor Darah

Ilustrasi. Mari mengingat kembali manfaat donor darah bagi kesehatan tidak hanya bagi penerima donor namun juga bagi pendonor itu sendiri | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Juni. Peringatan ini merupakan kampanye global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya donor darah dan untuk menghargai para donor darah di seluruh dunia.

Selain itu, peringatan ini juga digelar sebagai cara untuk mengingatkan orang-orang tentang pentingnya persediaan darah yang aman dan terjamin untuk penyelamatan kehidupan manusia dan untuk memotivasi lebih banyak orang agar mau menjadi donor darah secara sukarela dan teratur.

Darah menjadi salah satu sumber kehidupan yang penting dalam situasi medis darurat, operasi, perawatan pasien dengan penyakit serius, dan juga bagi orang-orang yang menderita kondisi medis tertentu seperti anemia atau gangguan pembekuan darah.

Baca Juga: 5 Manfaat Terapi Ikan untuk Kesehatan, Salah Satunya Lancaran Peredaran Darah

Bahkan dalam banyak kasus, satu donasi darah dapat menyelamatkan nyawa lebih dari satu orang.

Masih banyak manfaat penting dari donor darah baik bagi pendonor maupun penerima donor tersebut. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat penting dari donor darah:

1. Bisa menyelamatkan nyawa

Donor darah adalah kontribusi langsung dalam menyelamatkan nyawa orang lain. Darah yang didonasikan digunakan dalam transfusi darah yang diperlukan oleh pasien dalam situasi darurat, seperti kecelakaan, operasi, atau kondisi medis yang serius. Donor darah dapat memberikan harapan hidup bagi mereka yang membutuhkan darah tambahan.

Baca Juga: Vitasma, Obat Herbal Alami Efektif Atasi Batuk Berdarah

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Donor darah secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan menyumbangkan darah secara rutin, kadar zat besi dalam tubuh cenderung menurun.

Tingkat zat besi yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, donor darah dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Menstimulasi produksi sel darah baru

Setelah melakukan donor darah, tubuh mulai memproduksi sel darah baru untuk menggantikan yang telah hilang. Proses ini merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah baru.

Dalam jangka panjang, ini dapat membantu dalam menjaga keseimbangan dan kecukupan sel darah dalam tubuh.

Baca Juga: 11 Obat Penambah Darah dari Bahan Alami yang Bantu Mengatasi Anemia

4. Mengurangi risiko penyakit tertentu

Donor darah dapat membantu dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit tertentu. Penelitian menunjukkan bahwa donor darah teratur dapat mengurangi risiko kanker tertentu, terutama kanker hati dan usus besar. Ini mungkin terkait dengan penurunan kadar zat besi dalam tubuh setelah donor darah.

5. Pemeriksaan kesehatan gratis

Sebelum melakukan donor darah, donor akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Ini termasuk pemeriksaan tekanan darah, detak jantung, tingkat hemoglobin, dan tes lainnya.

Pemeriksaan ini dapat membantu dalam mendeteksi dini beberapa masalah kesehatan yang mungkin tidak diketahui sebelumnya.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Berakhir Bulan Ini? Jokowi Matangkan Peralihan Menuju Endemi

6. Meningkatkan perasaan bahagia

Memberikan darah kepada mereka yang membutuhkan dapat memberikan kepuasan emosional dan perasaan bahagia yang besar.

Menyadari bahwa tindakan Anda telah menyelamatkan atau meningkatkan kualitas hidup seseorang dapat memberikan kepuasan dan rasa pencapaian yang mendalam.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT