Sukabumi Update

6 Manfaat Biji Cabai untuk Kesehatan, Rasa Pedas Seuhah Mantap!

Cabai Merah di Sukabumi | Manfaat Biji Cabai untuk Kesehatan, Rasa Pedas Seuhah Mantap! | Foto : dok.sukabumiupdate

SUKABUMIUPDATE.com - Biji cabai ternyata memiliki khasiat yang jarang diketahui. Meski rasa pedas membakar lidah, cabai tetap digemari oleh sebagian orang.

Akan tetapi, biji cabai biasanya dibuang karena dianggap tidak memiliki nilai guna sama sekali. Padahal sebenarnya ada manfaat biji cabai untuk kesehatan, lho Updaters!

Baca Juga: 640 Tahun Lalu, Adat dan Tradisi Turun Temurun Kampung Adat Ciptagelar Sukabumi

Rasa pedas berasal dari senyawa capsaicin yang terkandung dalam biji cabai. Dilansir dari berbagai sumber via Tempo.co, berikut khasiat biji cabai untuk tubuh:

Manfaat Biji Cabai untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Kanker terjadi akibat pembelahan sel-sel di dalam tubuh secara tidak terkendali. Sehingga sel-sel abnormal terus tumbuh dan membentuk kanker. Mengutip drhealthbenefits, senyawa capsaicin dalam biji cabai mampu menghilangkan penyebab dan menghambat kanker di dalam tubuh.

2. Menurunkan Kolesterol

Biji cabai menyediakan zat fitosterol yang berfungsi sebagai lemak baik bagi tubuh. Zat ini menghilangkan plak di pembuluh darah, mencegah penyerapan kolesterol darah di usus, dan menurunkan pembentukan kolesterol.

Pada gilirannya, manfaat-manfaat tersebut membantu mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah dan jantung koroner. Serta menjaga pembuluh darah tetap elastis dan sehat.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Capsaicin pada biji cabai mendukung program penurunan berat badan karena mempercepat metabolisme tubuh. Biji cabai meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung, sehingga kalori lebih cepat terbakar.

4. Mempercepat Penyembuhan Influenza

Dilansir dari Ndtv Food, saat mengalami flu cobalah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung biji cabai. Karena capsaicin bermanfaat meningkatkan ereksi keringat dan meredakan hidung tersumbat yang cukup mengganggu.

5. Sumber Antioksidan

Biji cabai dapat berperan sebagai antioksidan yang melawan zat racun dan bibit penyakit dalam tubuh. Mereka menyediakan vitamin C, vitamin E, vitamin K, fitosterol, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Munchausen: Suka Pura-pura Sakit Termasuk Gangguan Psikologis?

Pada gilirannya, mengonsumsi makanan kaya antioksidan bermanfaat mencegah risiko kanker dan melawan radikal bebas.

6. Menghangatkan Tubuh

Saat cuaca dingin, mengonsumsi makanan yang mengandung biji cabai dapat menghangatkan tubuh. Biji cabai bekerja seperti minyak atsiri yang meningkatkan suhu dalam tubuh.

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT