Sukabumi Update

Pusing Setelah Makan Daging Kambing? Begini Cara Mengatasinya!

Ilustrasi. Gulai | Pusing Setelah Makan Daging Kambing? Begini Cara Mengatasinya! | Foto: Pexels/

SUKABUMIUPDATE.com - Pusing setelah makan daging kambing kerap dirasakan oleh sebagian orang. Kondisi ini cenderung membuat tidak nyaman karena kenikmatan akan berkurang.

Menjelang Idul Adha, ada daging kambing yang biasanya ikut dibagikan bersama jenis daging kurban lain (sapi dan domba). Meski ada yang menghindarinya, sate kambing termasuk hidangan Idul Adha yang digemari banyak orang.

Ya, di Indonesia, daging sapi dan kambing menjadi pilihan utama untuk diolah pada saat Idul Adha. Sayangnya, tak sedikit orang yang merasa kepalanya berputar setelah menyantap daging kambing. Maka penting mengetahui cara mengatasi pusing setelah makan daging kambing, sebagaimana dikutip via Suara.com!

Baca Juga: 7 Cara Menyimpan Daging Beku dalam Freezer Agar Awet dan Tahan Lama

Beragam hidangan berbahan dasar daging kambing biasanya melimpah pada saat Idul Adha, mulai dari sate, gulai, tongseng, semur dan lainnya.

Terlepas dari kelezatannya, masyarakat, terutama mereka yang berumur lebih dari 40 tahun, sering merasa cemas akan kemungkinan merasa tidak enak setelah mengonsumsinya.

Rasa pusing atau sakit kepala sering kali dialami setelah mengonsumsi daging kambing. 

Baca Juga: Heboh Kasus Selingkuh, Apa Saja Tanda Pernikahan Tidak Berkah? Ini Kata Buya Yahya

Fenomena pusing setelah makan daging kambing umumnya dikaitkan dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, beberapa orang lebih memilih menghindari daging kambing saat Idul Adha.

Meski demikian, merasa pusing setelah makan, khususnya daging kambing, tidak selalu mengindikasikan gangguan kesehatan yang serius, terutama jika hal tersebut hanya terjadi sekali.

Tetapi, jika sering merasa pusing setelah mengonsumsi daging kambing, sebaiknya segera periksa ke dokter. Berikut beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi pusing setelah mengkonsumsi daging kambing:

Cara Mengatasi Pusing Setelah Makan Daging Kambing

1. Minum Teh Panas

Kafein, asam lemak omega-3 dan 6, polifenol, dan kalium dalam teh panas dipercaya dapat membantu melarutkan lemak dan zat besi dalam daging kambing.

2. Makan Almond

Almond mengandung magnesium yang dapat membantu meredakan pusing, sehingga sangat baik dikonsumsi setelah makan daging kambing.

3. Makan Buah dan Sayuran

Imbangi konsumsi daging kambing dengan asupan buah dan sayuran. Beberapa buah seperti semangka, pisang, alpukat, nanas, dan apel serta sayuran hijau diklaim dapat meredakan pusing setelah makan daging kambing.

4. Minum Jus Jeruk

Jus jeruk, khususnya yang tanpa tambahan gula dan dalam keadaan hangat, bisa membantu melunakkan lemak dalam tubuh setelah mengonsumsi daging kambing.

5. Makan Bawang Putih

Bawang putih adalah cara alami dan tradisional untuk mengatasi pusing. Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan meredakan pusing.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet dan Tahan Lama, Boleh Dicuci?

Itulah beberapa cara mengatasi pusing setelah makan daging kambing dengan memakan beberapa makanan atau minuman tertentu. 

Adapun jika sakit kepala atau pusing yang dirasakan berkelanjutan, segera datangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Sumber: Suara.com

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT