Sukabumi Update

7 Manfaat Masker Kopi Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Anti Penuaan!

Ilustrasi - 7 Manfaat Masker Kopi Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Anti Penuaan!. (Sumber : Freepik/wayhomestudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Kopi tak hanya digunakan untuk dikonsumsi saja, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Kopi yang memiliki kandungan kafein dan asam klorogenat (CGA) dapat membantu mengurangi peradangan akibat masalah kulit seperti eksim.

Biji kopi yang memiliki sifat antimikroba dari CGA dan kafein, ternyata sangat efektif dalam penanganan infeksi kulit. Kafein pada kopi bermanfaat meningkatkan mikrosirkulasi darah dan anti-inflamasi di kulit wajah.

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

Mengutip halodoc, data yang dipublikasikan oleh American Chemical Society menyebutkan, bahwa kopi kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut lebih tinggi dibanding minuman teh atau wine.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

Oleh sebab itulah mengapa kopi digunakan sebagai masker wajah. Pasalnya, kopi dapat meningkatkan kesehatan kulit kita.

Berikut ada beberapa manfaat masker kopi untuk kulit wajah kita dikutip via halodoc.

1. Kurangi Selulit

Kopi yang biasa diminum ternyata dapat mengurangi selulit pada kulit wajah. Kafein pada kopi berfungsi melebarkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga dapat meningkatkan aliran darah secara keseluruhan.

Masker kopi ini akan lebih baik jika digunakan sebagai scrub. Kopi akan mengangkat sel-sel kulit mati dan dapat menghaluskan kulit wajah.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

2. Kulit Menjadi Tenang

Masker kopi dapat membuat kulit wajah lebih rileks dan menjadi lebih halus. Kopi yang memiliki efek stimulasinya dapat membantu memberikan manfaat bila dioleskan pada kulit wajah.

3. Anti-Penuaan

Memakai masker kopi di wajah dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik cokelat akibat paparan matahari. Selain itu, masker kopi juga dapat mengurangi kemerahan dan garis-garis halus pada kulit wajah.

Mungkin bisa dicoba menggunakan masker kopi setelah beraktivitas diluar. Masker kopi akan mengurangi stres di kulit wajah.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Agar Kamu Segera Dapat Pekerjaan dan Terbebas dari Pengangguran

4. Mencegah Kanker Kulit

Kopi kaya akan vitamin B3 (niasin) dan berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut sebagai trigonelin. Nah, trigonelin baru itu akan terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang.

Niasin tersebut dapat membantu mencegah kanker kulit non-melanoma.

5. Kurangi Peradangan

Anti-inflamasi yang berhubungan dengan asam klorogenat (CGA) dan melanoidin dalam kopi berperan dalam mengurangi hiperpigmentasi (peradangan). Hiperpigmentasi ditandai dengan bercak dan bintik-bintik cokelat, cokelat tua atau biru abu-abu pada kulit wajah.

6. Merawat Kulit Berjerawat

Masker kopi yang digunakan pada kulit wajah dapat membantu mengatasi masalah bakteri berbahaya. CGA di dalam kopi dengan sifat anti-inflamasinya dan antibakteri dapat membantu mengurangi masalah kulit berjerawat.

Baca Juga: Baca Doa Ini Agar Lolos PPDB dan Diterima di Sekolah yang Diinginkan

7. Menghilangkan Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam dibawah mata dapat diatasi dengan masker kopi. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi membantu melebarkan pembuluh darah yang berimbas pada kemunculan lingkaran hitam atau mata panda.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT