Sukabumi Update

Kerja Depan Komputer? Simak Cara Menjaga Kesehatan Mata Yuk!

Ilustrasi. laptop | Kerja Depan Komputer? Simak Cara Menjaga Kesehatan Mata Yuk!. (Sumber : unsplash)

SUKABUMIUPDATE.com - Kesehatan mata penting untuk dijaga agar aktivitas sehari-hari lancar. Menjaga kesehatan mata ini bermanfaat agar terhindar dari berbagai macam gangguan penglihatan.

Pasalnya, mata adalah aset penting yang membantu bekerja, beraktivitas hingga manfaatnya untuk mempelajari berbagai hal. 

Teknologi saat ini merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Paparan radiasi layar televisi, ponsel, komputer, maupun laptop dapat membahayakan kesehatan mata jika tidak diantisipasi dengan baik. 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Masker Tomat, Bisa Tambah Lemon dan Madu

Apalagi untuk pegawai yang intens bekerja dengan komputer bahkan dapat mengalami sindrom penglihatan komputer (CVS), yakni keluhan mata dan penglihatan akibat terlalu lama bekerja di depan komputer.

Pola hidup yang baik dan mengonsumsi makanan bernutrisi sangat diperlukan untuk mencegah gangguan kesehatan mata. Spesialis mata Raissa Vaniana Hartanto, mengatakan cara menjaga kesehatan mata bisa dibagi dua, yaitu dari gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi.

"Lifestyle berbahaya yang sering dilakukan seperti jarak dengan gawai terlalu dekat, jarak yang disarankan yaitu 50-60 cm," ujarnya, dikutip via Tempo, Minggu (23/7/2023).

Usia dan penggunaan gawai

Saat menggunakan gawai, usahakan di tempat yang terang supaya mendapatkan pencahayaan yang baik. Kemudian, tidak direkomendasikan bermain gawai sambil tiduran. 

Baca Juga: 13 Cara Mengatasi Mental Breakdown, Yuk, Kenali Tanda Gangguan Kecemasan!

Selain itu, perlu juga melakukan pembatasan waktu layar. Untuk dewasa sebaiknya hanya 6-8 jam sehari, anak-anak usia 3 tahun ke bawah sebaiknya tidak terpapar gawai sama sekali karena dikhawatirkan dapat merusak mata.

"Usia 4 sampai 6 tahun sebaiknya kurang lebih 1,5 jam sehari, usia 7 sampai 12 tahun sebaiknya tiga sampai empat jam," ucapnya.

Sementara itu, untuk pekerja yang sering menatap layar laptop disarankan untuk mengistirahatkan mata dengan aturan 20-20-20. 

Setiap 20 menit mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat jarak 6 meter atau 20 kaki. Mengatur kontras layar di gawai juga penting, disarankan tidak terlalu terang dan terlalu gelap.

Selain pola hidup yang baik, upaya lain yang harus diterapkan adalah mengonsumsi makanan bernutrisi dan asupan herbal yang mampu menguatkan kesehatan mata.

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT