Sukabumi Update

9 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Stabilkan Gula Darah

9 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Stabilkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Buah mengkudu dikenal sebagai noni atau Morinda citrifolia, telah digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya selama ribuan tahun.

Buah satu ini kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh. Mengutip alodokter, nutrisi yang terkandung dalam buah mengkudu:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Gula
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Biotin
  • Folat
  • Magnesium
  • Kalium
  • Kalsium

Berikut adalah beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan:

1. Kaya Antioksidan

Buah mengkudu mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, terpenoid, dan asam fenolat. Antioksidan membantu melawan radikal bebas pada tubuh yang menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel-sel.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Lakukan Hal Ini

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam buah mengkudu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan, sehingga membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Antiinflamasi

Senyawa dalam buah mengkudu memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan membantu mengurangi risiko penyakit inflamasi kronis.

4. Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Buah mengkudu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol LDL ("kolesterol jahat") dan meningkatkan kadar kolesterol HDL ("kolesterol baik").

Baca Juga: 12 Tanda Orang Memiliki Mental Kuat, Apakah Kamu Juga Termasuk?

5. Memperlancar Saluran Pencernaan

Buah mengkudu memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan mendukung kesehatan usus.

6. Menstabilkan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Beberapa orang menggunakan buah mengkudu untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi masalah tidur seperti insomnia.

Baca Juga: 10 Sikap Agar Kita Tidak Mudah Iri dengan Kehidupan Orang Lain

8. Menurunkan Risiko Kanker

Meskipun bukti ilmiah masih terbatas, beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu dapat memiliki potensi dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

9. Mengurangi gejala arthritis

Beberapa penelitian praklinis menunjukkan potensi buah mengkudu dalam mengurangi gejala artritis dan menyediakan bantuan bagi penderita arthritis.

Meskipun buah mengkudu memiliki berbagai manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efek-efek ini dan memahami dosis yang tepat serta kemungkinan interaksi dengan obat-obatan lainnya.

Baca Juga: 12 Sikap Sederhana yang Membuatmu Hidup Lebih Bahagia, Yuk Cobain

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen atau produk yang mengandung ekstrak buah mengkudu.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT