Sukabumi Update

5 Manfaat Jus Markisa untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi - 5 Manfaat Jus Markisa untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Buah markisa menjadi salah satu buah negara tropis yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, begitupun dengan jusnya.

Seperti diketahui ada banyak kandungan nutrisi dalam buah markisa yang baik untuk tubuh, diantaranya yaitu  vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, protein, serat, zat besi, dan kalium.

Selain itu, markisa juga mengandung antioksidan dan beberapa nutrisi lain, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. 

Baca Juga: Bah Emik Belum Sadar, Kondisi 2 Korban Gorok di Kebonpedes Sukabumi

Maka tidak heran jika jus markisa sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh kamu yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. 

Nah, seperti melansir dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah 4 manfaat jus markisa bagi kesehatan tubuh.

1. Sumber Antioksidan Alami

Baca Juga: Lirik Lagu Kalem Aya Urang Melly Goeslaw, Lagu Sunda yang Asik Didengarkan

Jus markisa kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, A, dan flavonoid. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat dan menyebabkan penuaan dini serta penyakit kronis.

Dengan mengkonsumsi jus markisa secara teratur, kamu dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh kamu, menjaga kesehatan sel-sel, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Jus markisa mengandung serat yang sangat baik untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan kamu. 

Mengkonsumsi jus markisa secara teratur dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan gangguan lambung. 

Selain itu, Asosiasi Jantung Amerika menyatakan bawah kandungan serat juga memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Resep Chocolate Espresso Brownies, Cocok Jadi Teman Minum Teh di Akhir Pekan

3. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat minum jus markisa yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ini berkat tingginya kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah ini.

Seperti diketahui, vitamin C merupakan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh kamu tidak akan mudah terserang infeksi penyakit.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Jus markisa memiliki indeks glikemik yang relatif rendah. Artinya, minum jus markisa murni tanpa tambahan pemanis tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang tiba-tiba setelah dikonsumsi. 

Ini membuat jus markisa menjadi minuman yang cocok bagi penderita diabetes atau mereka yang ingin mengontrol kadar gula darah.

5. Dapat Meredakan Nyeri Sendi

Buah markisa juga diketahui bisa meringankan nyeri sendi pada penderita osteoarthritis. Manfaat ini diduga karena kandungan antioksidan yang tinggi dan senyawa antiradang di dalamnya.

Baca Juga: 5 Cara Komunikasi yang Disukai Banyak Orang, Kamu Wajib Tahu!

Beberapa penelitian juga menunjukkan jika manfaat tersebut diperoleh dari ekstrak kulit buah markisa yang biasanya diolah dalam bentuk suplemen. Akan tetapi, manfaat buah markisa yang satu ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

Meskipun jus markisa memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan, perlu diketahui bahwa buah ini dapat memicu terjadinya alergi pada beberapa orang. Oleh karena itu, konsumsi minuman ini dengan bijak ya.

Nah, itulah lima manfaat mengkonsumsi jus markisa bagi kesehatan, semoga bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga: 3 Penyebab Skinny Fat, Kondisi Tubuh Normal Tapi Lemak Menumpuk

Sumber: Yoursay.id | Healthline | Medical News Today | Alodokter

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT