Sukabumi Update

5 Sumber Aromaterapi untuk Meredakan Stres: Lavender hingga Jeruk

Sumber Aromaterapi untuk Meredakan Stres: Lavender (Sumber : Freepik/@fabrikasimf)

SUKABUMIUPDATE.com - Aromaterapi didasarkan pada penggunaan bahan aromatik, termasuk minyak esensial dan senyawa aroma lainnya, dengan klaim untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. Ini ditawarkan sebagai terapi komplementer atau sebagai bentuk pengobatan alternatif.

Selain itu, aromaterapi juga dipercaya bermanfaat untuk relaksasi atau meredakan stress. Mengutip Healthline via Tempo.co, minyak esensial ekstraksi dari tumbuhan sumber aromaterapi. 

Aromaterapi dapat mengurangi stres dan kecemasan karena sistem penciuman secara langsung mempengaruhi bagian otak yang mengatur emosi. 

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bahasa Tubuhnya

Berikut beberapa sumber aromaterapi alami untuk meredakan stress. Yuk, simak!

Sumber Aromaterapi Alami

1. Lavender

Kandungan ansiolitik memberi efek menenangkan atau terapi. Lavender bunga ungu yang khasiat  ekstraknya juga salah satu bahan baku untuk mengusir nyamuk. 

Merujuk Cleveland Clinic, menurut spesialis gaya hidup sehat Yufang Lin, lavender bermanfaat meningkatkan suasana hati juga meredakan nyeri perut atau kolik.

2. Kamomil

Minyak esensial dari tanaman ini memiliki sifat relaksasi yang bermanfaat membantu proses tidur. 

Tanaman ini juga telah digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan, luka, nyeri, dan masalah tidur. Penggunaannya dioleskan beberapa tetes minyak esensial kamomil sebelum tidur untuk mendapat efek ketenangannya.

3. Jeruk

Minyak esensial jeruk memiliki sifat ansiolitik untuk membuat rileks. Menghirup minyak esensial jeruk mengurangi ketegangan yang memicu kecemasan. 

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Aroma jeruk meningkatkan indra untuk meningkatkan kewaspadaan. Kombinasi efek menenangkan membantu suasana hati yang seimbang.

4. Kayu cendana

Minyak yang berasal dari kayu dan akar pohon cendana memiliki sifat ansiolitik yang hangat. Aromanya bermanfaat mengurangi kecemasan. 

Minyak cendana yang lembut bisa dioleskan atau langsung dihirup.

5. Clary sage

Ekstrak bunga ini aromanya mempengaruhi kortisol atau hormon stres. 

Tanaman ini efektif menurunkan kadar kortisol dan menghasilkan efek antidepresan. Menyebarkan minyak ini di ruangan akan membuat efek menenangkan atau aromaterapi di seluruh ruangan dan bisa juga dioleskan di kulit.

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT