Sukabumi Update

8 Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas, Banyak Minum dan Perhatikan Pakaian

Ilustrasi. Berikut cara menjaga kesehatan saat cuaca panas agar tidak mudah sakit (Sumber : Freepik/eugeneshemyakin9)

SUKABUMIUPDATE.com - Cuaca panas tengah melanda sejumlah wilayah di Indonesia beberapa hari belakang. Cuaca seperti ini dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Berbagai gangguan kesehatan dapat muncul saat cuaca panas seperti dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan, hingga bisa menyebabkan seseorang mengalami pingsan.

Oleh karena itu, penting sekali menjaga tubuh selama cuaca panas agar terhindar dari gangguan kesehatan. Dilansir dari laman halodoc, berikut delapan tips yang bisa dilakukan untuk tetap sehat saat cuaca panas.

Baca Juga: 8 Skincare saat Cuaca Panas, Digunakan Agar Kulit Tidak Gosong dan Terhidrasi!

1. Banyak Minum Air Putih

Saat cuaca panas tiba, dampak yang suka terjadi adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak. Kalau dibiarkan bisa menjadi dehidrasi.

Maka dari itu, perbanyak minum air putih untuk menjaga keseimbangan cairan dan tubuh tetap terjaga. Hindari mengkonsumsi minuman berkafein atau bersoda karena bisa memicu hilangnya cairan tubuh.

2. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Selain air putih, mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas sangat penting. Terutama buah yang mempunya kadar air tinggi, seperti semangka, melon, atau jeruk, karena dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Cuaca Panas, Simak 9 Tips Agar Tidak Mengalami Dehidrasi

3. Gunakan Krim Pelembab

Jika beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa menggunakan krim pelembab. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembab. Sebab, saat cuaca sedang panas, kulit bisa kering dan iritasi.

4. Batasi Aktivitas di Luar Ruangan

Ketika cuaca panas usahakan batasi aktivitas di luar ruangan jika tidak penting mengingat sinar matahari sedang terik-teriknya dan banyak debu kendaraan bertebaran. Kalau ingin keluar bisa di waktu Pagi dan Sore hari menjelang malam.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Es Kelapa Muda di Sukabumi, Cocok Banget Pas Cuaca Panas

5. Kenakan Pakaian Berbahan Katun

Ketika cuaca sedang panas, kenakanlah pakaian berbahan katun yang tipis sehingga bisa menyerap keringat lebih baik dan tidak membuat panas. Dengan begitu, tubuh tetap terasa dingin dan beraktivitas berjalan lancar. Hindari menggunakan baju berwarna hitam atau gelap karena dapat menyerap panas matahari.

6. Gunakan Payung dan Topi

Gunakanlah payung dan topi saat akan beraktivitas di luar. Hal ini bermanfaat untuk menghindari paparan sinar matahari langsung karena dapat membuat kulit terbakar dan iritasi.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Jajan Asinan di Sukabumi, Cocok Pas Cuaca Panas

7. Jangan Terlalu Sering Mandi

Saat cuaca sedang panas-panasnya, tentu suka bikin gerah dan ingin mandi. Padahal sering mandi saat cuaca sedang panas bisa menyebabkan kulit jadi kering. Jadi mandi sewajarnya cukup mandi dua kali sehari.

8. Hindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman alkohol bisa memperparah dehidrasi, apalagi kalau tidak mengimbanginya dengan minum air putih yang banyak dan makanan sehat.

Itulah beberapa tips agar tetap sehat saat cuaca panas. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan.

Writer: Octa

Sumber: Halodoc

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT