Sukabumi Update

10 Bahan Alami Untuk Mengobati Gejala Flu, Tidak Perlu Langsung ke Dokter

Ilustrasi . 10 Bahan Alami Untuk Mengobati Gejala Flu, Tidak Perlu Langsung ke Dokter (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Flu, atau influenza adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Flu memiliki gejala yang dapat dikenali seperti demam, pilek, hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri pada persendian dan sebagainya.

Flu dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak, orang tua dan wanita hamil. Namun, gejala flu bisa ditangani dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut bahan-bahan alami yang bisa mengobati gejala flu.

Baca Juga: 14 Tips Hidup Bahagia, Coba Jalin Hubungan Sosial yang Sehat!

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa membantu meredakan gejala seperti nyeri tenggorokan dan hidung tersumbat. Anda bisa membuat teh jahe dengan merebus potongan jahe segar dalam air panas.

2. Madu

Madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan batuk dan tenggorokan yang sakit. Tambahkan satu atau dua sendok madu ke dalam teh hangat.

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus alami. Mengonsumsi bawang putih mentah atau menambahkannya ke dalam makanan bisa membantu mempercepat pemulihan.

Baca Juga: Viral Panglima Dayak Pajaji Dan Jilah Berseteru Soal IKN, Netizen Ingatkan Soal Persatuan

4. Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan membersihkan hidung tersumbat.

5. Air Putih

Memastikan tubuh tetap terhidrasi sangat penting selama flu. Minum air putih dalam jumlah cukup dapat membantu melunakkan lendir dan menjaga kelembapan saluran pernapasan.

6. Buah-buahan dan Sayuran

Konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin C dari jeruk, stroberi, kiwi, dan sayuran berdaun hijau, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 8 Alasan Orang Cerdas Memiliki Sedikit Teman Tapi Hidupnya Bahagia

7. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki aroma yang dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan meredakan gejala pernapasan yang tidak nyaman.

8. Vitamin D

Paparan sinar matahari dan konsumsi makanan yang kaya vitamin D dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.

9. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh peppermint atau chamomile dapat membantu meredakan gejala flu, terutama jika diminum dalam keadaan hangat.

Baca Juga: 8 Sikap Agar Tetap Bahagia Meski Banyak yang Tidak Suka, Jangan Lemah!

10. Istirahat Cukup

Salah satu hal terpenting dalam pengobatan flu adalah memberi tubuh Anda istirahat yang cukup. Ini memungkinkan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan efektif untuk melawan infeksi.

Tetapi, jika gejala flu Anda berat, berlangsung lama, atau disertai demam tinggi, batuk parah, atau sesak napas, penting untuk mencari nasihat medis. Bahan-bahan alami ini bisa membantu meredakan beberapa gejala, tetapi tidak menggantikan perawatan medis yang sesuai jika diperlukan.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI