Sukabumi Update

10 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan, Bantu Tangkal Radikal Bebas

10 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan, Bantu Tangkal Radikal Bebas | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Pisang adalah sumber vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk kesehatan. Buah pisang merupakan makanan lezat dan sehat yang mengandung berbagai nutrisi penting.

Manfaat pisang untuk kesehatan penting karena buah satu ini kaya nutrisi dan memiliki dampak positif pada tubuh. Dengan mengonsumsi pisang secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Berikut ini ada beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang dihimpun dari berbagai sumber:

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

1. Sumber Energi

Pisang mengandung karbohidrat kompleks, terutama dalam bentuk pati resisten. Pati resisten ini memberikan energi tahan lama dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2. Bantu Jaga Pencernaan

Pisang mengandung serat diet, terutama serat larut yang disebut pektin. Serat membantu menjaga pencernaan sehat dan mengurangi risiko sembelit.

3. Menangkal Radikal Bebas

Pisang mengandung vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C, vitamin B6, kalium, dan mangan. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 15 Tips Agar Kita Lebih Dihormati dan Dihargai Orang Lain, Yuk Lakukan

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam pisang membantu menjaga tekanan darah normal dan mendukung kesehatan jantung. Kalium membantu mengurangi risiko hipertensi (tekanan darah tinggi).

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Pisang mengenyangkan dan rendah kalori, membuatnya menjadi camilan sehat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan camilan yang kurang sehat.

6. Meningkatkan Kesehatan Usus

Serat dalam pisang membantu menjaga kesehatan usus dengan mempromosikan pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: 12 Sikap Agar Hidup Bahagia dan Tidak Terpengaruh dengan Omongan Orang Lain

7. Lindungi dari Kerusakan Sel dan Peradangan

Pisang mengandung antioksidan seperti dopamin dan katekin, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan peradangan.

8. Meningkatkan Mood

Pisang mengandung triptofan, sejenis asam amino yang dapat meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang dapat meningkatkan mood dan membantu mengurangi gejala depresi.

9. Membantu Menjaga Kulit

Kandungan vitamin C dalam pisang berperan dalam pembentukan kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Pisang juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan penuaan dini.

Baca Juga: 10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri dan Tidak Tergantung Kepada Orang Lain

10. Mendukung Fungsi Otot

Kandungan kalium dalam pisang membantu mengatur kontraksi otot dan mencegah kram otot. Pisang juga dapat menjadi camilan yang baik sebelum atau sesudah berolahraga.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT