Sukabumi Update

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Atasi Masalah Rambut Hingga Obati Radang

Ilustrasi - 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Atasi Masalah Rambut Hingga Obati Radang. (Sumber : Freepik.com/@Racool_studio.)

SUKABUMIUPDATE.com - Lidah buaya (Aloe vera) adalah tanaman sukulen yang berasal dari daerah panas dan kering di Afrika dan Semenanjung Arab. Tanaman ini telah digunakan sejak zaman kuno untuk berbagai keperluan, terutama dalam pengobatan dan perawatan kulit.

Mengutip Siloamhospitals, lidah buaya memiliki beragam manfaat dalam kandungannya seperti Asam folat, Kolin, vitamin A, C, B12, dan E, berbagai mineral, mulai dari kalsium, kalium, magnesium, dan natrium.

Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

1. Mengurangi Radang

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu meredakan peradangan pada kulit atau pada bagian tubuh lainnya.

2. Mengurangi Jerawat

Beberapa orang menggunakan lidah buaya untuk membantu mengurangi jerawat dan peradangan kulit wajah. Kandungan antibakteri dan antiinflamasi dalam lidah buaya dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

3. Pengobatan Luka

Gel lidah buaya telah digunakan sebagai obat tradisional untuk merawat luka. Kandungan dalam gel ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

4. Mengatasi Masalah Rambut

Lidah buaya sering digunakan sebagai bahan dalam sampo dan kondisioner karena dapat membantu mengatasi masalah rambut seperti ketombe dan rambut kering. Ini juga dapat memberikan kilau alami pada rambut.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Konsumsi lidah buaya dalam bentuk jus atau suplemen mungkin membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan nutrisi seperti vitamin C, E, dan seng.

6. Melancarkan Pencernaan

Beberapa orang menggunakan lidah buaya untuk meredakan masalah pencernaan seperti sembelit. Ekstrak lidah buaya dapat memiliki efek pencahar ringan.

Baca Juga: 10 Sikap Elegan yang Membuatmu Tidak Dipandang Rendah Orang Lain

7. Pemeliharaan Gigi dan Mulut

Lidah buaya digunakan dalam beberapa produk perawatan mulut dan obat kumur karena sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dimilikinya. Ini dapat membantu dalam menjaga kebersihan mulut dan gusi.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT