Sukabumi Update

7 Cara Mengobati Bau Mulut agar Nafas Segar dan Lebih Percaya Diri

Ilustrasi. 7 Cara Mengobati Bau Mulut agar Nafas Segar dan Lebih Percaya Diri | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Mengobati bau mulut memerlukan perawatan rutin dan pencegahan untuk mengatasi penyebabnya.

Bau mulut bisa disebabkan beberapa faktor seperti kurangnya kebersihan mulut, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu (bawang, kopi, alkohol, merokok, dll), masalah kesehatan mulut dan dehidrasi.

Namun, untuk mengatasinya ada beberapa cara mengobati bau mulut yang bisa dilakukan secara rutin sepertri dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 12 Cara Melatih Mental agar Kuat Supaya Terhindar dari Gangguan Kesehatan Mental

1. Pembersihan Gigi yang Baik

Gosok gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.
Gunakan benang gigi setiap hari untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau.

Bersihkan lidah secara rutin, baik dengan sikat gigi atau alat khusus untuk membersihkan lidah.

2. Minum Air yang Cukup

Memastikan terhindar dari dehidrasi dengan minum cukup air setiap hari menjadi salah satu cara mengobati bau mulut. Air liur yang cukup dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau.

3. Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bebas gula atau permen kesehatan yang mengandung xylitol dapat membantu merangsang produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan mulut.

Baca Juga: 10 Jenis Gangguan Kesehatan Mental, Jangan Sebut Orang Gila!

4. Konsultasi dengan Dokter Gigi

Jika Anda memiliki masalah kesehatan mulut seperti infeksi gigi atau penyakit gusi, cara mengobati bau mulut bisa dengan melakukan konsultasikan dengan dokter gigi untuk pengobatan dan perawatan yang sesuai.

5. Periksa Kondisi Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan umum seperti diabetes atau masalah pencernaan dapat berkontribusi pada bau mulut. Konsultasikan dengan dokter umum atau spesialis jika Anda memiliki masalah kesehatan yang mendasari.

6. Hindari Merokok

Merokok dan produk tembakau dapat menyebabkan bau mulut yang sangat tidak sedap. Jadi, cara mengobati bau mulut agar efektif sebaiknya berhenti merokok dan menghindari produk tembakau.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

7. Konsultasi dengan Ahli THT

Jika bau mulut persisten dan penyebabnya tidak jelas, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan ahli THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk mengecualikan masalah sinus, amandel, atau masalah lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan atas.

Itulah beberapa cara mengobati bau mulut yang bisa dilakukan. Penting untuk diingat bahwa bau mulut yang terus berlanjut meskipun tindakan pencegahan telah diambil mungkin memerlukan perhatian medis lebih lanjut. Konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kekhawatiran serius tentang bau mulut Anda.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT