Sukabumi Update

6 Minuman Sehat yang Bisa Bantu Meredakan Diare, Salah Satunya Air Kelapa

Ilustrasi - 6 Minuman Sehat yang Bisa Bantu Meredakan Diare, Salah Satunya Air Kelapa. (Sumber : Freepik.com/jcomp).

SUKABUMIUPDATE.com - Diare adalah kondisi yang dapat menyebabkan kehilangan cairan tubuh yang signifikan. Oleh karena itu, penting untuk minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

Minuman sehat yang dapat meredakan diare adalah yang membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang selama diare sambil memberikan kelegaan pada perut.

Nah, beberapa minuman sehat yang dapat membantu meredakan diare dan menggantikan cairan yang hilang itu meliputi:

Baca Juga: 10 Ciri Hubungan yang Tidak Bahagia Meskipun Saling Mencintai

1. Air Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit alami seperti kalium, natrium, magnesium, dan klorida. Elektrolit ini penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan fungsi normal tubuh. Selama diare, tubuh kehilangan elektrolit, dan air kelapa dapat membantu menggantikan kehilangan tersebut.

2. Jus Wortel dan Apel

Jus wortel dan apel dapat membantu meredakan diare dalam beberapa situasi. Keduanya adalah sumber serat yang larut dalam air, yang dapat membantu menjaga konsistensi tinja. Di samping itu, jus wortel dan apel juga mengandung nutrisi penting yang bisa membantu tubuh pulih dari dehidrasi yang mungkin terjadi akibat diare.

3. Yogurt Probiotik

Yogurt yang mengandung probiotik (kultur hidup baik) dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri usus Anda, yang bisa terganggu selama diare. Pastikan yogurt mengandung probiotik hidup.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Tidak Bahagia, Kamu Juga Termasuk?

4. Minuman Elektrolit

Minuman elektrolit komersial seperti Gatorade atau Pedialyte mengandung elektrolit yang bisa membantu menggantikan yang hilang selama diare. Namun, hindari minuman ini jika Anda memiliki masalah dengan gula atau kalori berlebih.\

5. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh peppermint, jahe, atau chamomile dapat membantu meredakan perut yang kembung dan mual yang mungkin disertai diare. Pastikan untuk tidak menambahkan gula.

6. Larutan Oralit

Ini adalah campuran air dengan garam dan gula yang dirancang khusus untuk menggantikan elektrolit yang hilang selama diare. Anda dapat membeli larutan oralit di apotek atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan 2-3 sendok teh gula dalam satu liter air minum.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan, Yuk Kenali

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT