Sukabumi Update

7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Obati Asam Lambung

Ilustrasi. 7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Obati Asam Lambung (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)

SUKABUMIUPDATE.com - Daun kelor adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun kelor mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, vitamin, dan mineral.

Daun kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini merupakan tanaman dengan daun kecil yang sudah lama digunakan orang zaman dulu untuk obat-obatan tradisional. Tanaman daun kelor dipercaya dapat mengobati beragam penyakit seperti jantung dan asam lambung.

Lantas, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh? Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan:

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan, Yuk Kenali

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun kelor mengandung vitamin C dan beta-karoten yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sedangkan beta-karoten dapat diubah menjadi vitamin A yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan flavonoid dalam daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Flavonoid dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga glukosa dapat lebih mudah diserap oleh sel-sel tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daun ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan. Antioksidan dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Daun kelor mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat dapat membantu menyerap air dan memadatkan tinja, sehingga dapat mencegah sembelit.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam daun kelor dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dapat membantu produksi kolagen, sedangkan antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Daun kelor mengandung protein dan vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Protein dapat membantu pertumbuhan rambut, sedangkan vitamin dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Baca Juga: 11 Ciri Pasangan Mulai Menyerah dan Lelah Menjalani Hubungan Bersamamu

7. Mengobati Asam Lambung

Kandungan antioksidan dan anti radang pada daun kelor dapat membantu meredakan peradangan dan melindungi dinding lambung. Selain itu, daun kelor juga dapat membantu meningkatkan produksi lendir lambung, sehingga dapat melindungi lambung dari asam.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT