Sukabumi Update

Mata Keukeureuceuman? Cek Perbedaan Kedutan dan Spasme Otot!

Ilustrasi. Mata Keukeureuceuman? Cek Perbedaan Kedutan dan Spasme Otot! (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Mata kedutan atau dalam bahasa sunda disebut keukeureceuman adalah kondisi ketika indra penglihatan (baca: mata) mengedip cepat tiba-tiba. Namun masih banyak yang salah mengartikannya, sehingga mata kedutan kerap dikaitkan dengan spasme otot.

Meskipun, mata keukeureceuman atau kedutan dan spasme otot memang berupa kontraksi otot, tapi kedutan dan spasme otot adalah dua hal yang berbeda. 

Kedutan adalah kontraksi singkat yang kadang terjadi berulang, seperti di mata. Pergerakan atau mata keukeureceuman terasa sangat tidak nyaman tapi tidak juga menyakitkan. 

Baca Juga: 10 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Ada Masalah Emosional

Sementara itu, spasme otot merupakan kontraksi otot yang lebih panjang dan sering menyakitkan. Dalam banyak kasus, tindakan yang bisa mencegah atau mengakhiri spasme otot juga bisa diterapkan pada kedutan meski pakar meminta untuk menghindari keduanya.

Penyebab Kedutan

Sistem saraf tubuh secara konstan memberi tahu otot apa yang harus dilakukan tanpa kita sadar apa yang terjadi. Pesan tersebut dikontrol oleh sistem saraf pusat (otak dan tulang belakang) dan sistem saraf periferal (PNS). PNS adalah bagian sistem saraf kita yang memberi informasi ke otak dan membawa sinyal untuk menggerakkan otot, jelas Cleveland Clinic yang dikutip via Tempo. 

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Munafik, Hidupnya Penuh dengan Kepalsuan

Karena setiap hari saraf memicu pergerakan otot, kadang mereka bisa sangat sensitif dan salah langkah.

"Penyebabnya hampir selalu saraf motorik yang mengirim sinyal dari tulang belakang dan otak ke reseptor," jelas Loren Fishman, pengajar kedokteran dan rehabilitasi di Universitas Columbia kepada USA Today, dikutip via Tempo, Senin (9/10/2023).

Menurutnya, beberapa faktor juga mempengaruhi bagaimana sinyal otak dikirim kelompok otot yang berbeda yang terkadang menyebabkan kedutan. 

Contoh penyebab kedutan diantaranya dehidrasi, stres, pengobatan, kafein, saraf kejepit, kerusakan sel-sel saraf, dan kurang tidur. Pada kasus yang lebih jarang, keduta bisa disebabkan kondisi seperti sindrom serotonin, penyakit Lou Gehrig, sindrom Isaac, dan sakit ginjal. 

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ayah, Orang Tua Yuk Simak!

Kedutan juga bisa disebabkan gangguan kecemasan atau dampak kurang gizi.

"Kedutan dapat terjadi ketika kadar elektrolit dasar seperti sodium, potasium, magnesium, kalsium terlalu tinggi atau rendah," jelas Fishman.

Menganggap kedutan mata sebagai masalah sebenarnya sulit karena banyak pemicunya dan juga tak terlalu serius, hilang dengan sendirinya, dan tak terkait penyakit kronis. Karena itulah pakar mengatakan tak perlu khawatir berlebihan terkait kedutan.

Tapi jika kedutan sering terjadi, menyebar atau semakin parah dari waktu ke waktu, hubungi dokter untuk memeriksa gejala dan mencari penyebabnya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT