Sukabumi Update

6 Gejala ADHD pada Orang Dewasa, Jangan di Abaikan Ya!

Ilustrasi gejala ADHD pada orang dewasa yang mudah stres hingga marah-marah (Sumber : pexels.com/David Garrison)

SUKABUMIUPDATE.com - ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan penyakit yang membuat penderitanya sulit berkonsentrasi. Biasanya kelainan ini dikenal sering terjadi pada anak-anak.

Namun nyatanya tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa mengidap kelainan ADHD ini. Sayangnya, kondisi ini seringkali tidak disadari oleh orang dewasa, sehingga tidak mendapat penanganan dengan cepat dan tepat.

Hingga saat ini, ADHD pada orang dewasa belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun, terdapat dugaan bahwa faktor genetik dan lingkungan memiliki peran besar terhadap kelainan ADHD pada orang dewasa. Atau bisa juga kelainan ini sudah diidap sedari kecil namun tidak terdeteksi sehingga tidak mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga: 8 Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Jika penanganannya terlambat, maka akan mengganggu kegiatan sehari-hari, mengganggu pekerjaan, hingga orang-orang sekitar.

Sebagaimana dilansir dari situs resmi alodokter.com, berikut enam tanda ADHD pada orang dewasa:

1. Sulit Fokus

Gejala ADHD pada orang dewasa salah satunya sulit fokus. Hal ini tidak selalu dirasakan oleh pengidapnya, melainkan dirasa.

Biasanya penderita ADHD akan sulit bertahan dengan satu pekerjaan nya, karena mereka sukit membangun konsentrasi ketika bekerja. Akibatnya, hal ini merugikan diri sendiri karena performa kerja yang memburuk.

Ketika menemukan suatu pekerjaan yang dianggap membosankan, penderita ADHD akan meninggalkan pekerjaan tersebut lalu mencari pekerjaan lain yang dianggapnya nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: 10 Gejala Awal ADHD Pada Anak yang Harus Diwaspadai Para Ibu

2. Tidak Terorganisir

Penderita ADHD dengan gejala ini akan biasanya akan sulit membedakan prioritas dan mana yang bukan. Bahkan mereka menjadi sulit untuk memulai pekerjaan atau bahkan menyelesaikannya, lupa meletakan barang, hingga sering kehilangan barang.

3. Sulit Menjalin Hubungan

Jika kalian menjalin hubungan dengan seseorang yang cuek, serta tidak memprioritaskan kamu bisa jadi orang tersebut menderita ADHD.

ADHD pada orang dewasa biasanya sulit menjaga hubungan yang stabil, karena mereka akan terkesan cuek, tidak perhatian dan mudah bosan.

Akibatnya, kebanyakan orang akan menganggap penderita ADHD sebagai orang yang kurang bertanggung jawab, dan tidak peka.

Baca Juga: 7 Kelebihan yang Dimiliki Anak Hiperaktif dan ADHD, Manusia Super!

4. Mudah Gelisah

ADHD pada orang dewasa selanjutnya yaitu mudah gelisah. Ketika sedang melakukan pekerjaan, mereka tidak betah berlama-lama duduk di mejanya, dan hal ini akan membuat pekerjaannya terbengkalai.

5. Sulit Mengelola Emosi

Kesulitan mengelola emosi menjadi salah satu gejala ADHD pada orang dewasa, mereka terkesan mudah tersinggung, dan selalu marah-marah. Hal ini bisa juga dikarenakan ada penyakit mental lain yang menyertai, seperti stress dan depresi.

6. Hiperfokus

Penderita ADHD pada orang dewasa dengan gejala ini kadang sulit terdeteksi, karena mereka tidak akan merasa kalau hal ini sebetulnya bermasalah.

Baca Juga: 9 Perbedaan Anak Hiperaktif dan ADHD, Bunda Wajib Tahu!

Dengan gejala ini, mereka hanya akan fokus pada satu hal dan mengabaikan hal yang lain, meskipun dalam hal genting sekalipun.

Nah, itulah enam tanda-tanda gejala ADHD pada orang dewasa. Jangan disepelekan ,jika salah satu gejala di atas terasa oleh kamu. Sebaiknya periksakan ke dokter spesialis sebelum gejalanya semakin parah.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT