Sukabumi Update

Kenali 7 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan, Bagus untuk Wajah dan Rambut

Ilustrasi - Ada beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh manusia yang perlu diketahui. (Sumber : Freepik.com/jcomp).

SUKABUMIUPDATE.com - Minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstraksi dari daging kelapa matang yang dipanen dari pohon kelapa (Cocos nucifera). Ini memiliki berbagai kegunaan, termasuk memasak, membuat kue, dan perawatan kulit.

Minyak kelapa merupakan lemak jenuh, artinya berbentuk padat pada suhu kamar. Ini terdiri dari sekitar 90% asam lemak jenuh, dan 10% sisanya adalah asam lemak tak jenuh. Asam lemak jenuh utama dalam minyak kelapa adalah asam laurat yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Apakah Kamu Salah Satunya?

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik (HDL)

Minyak kelapa telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. HDL adalah jenis kolesterol yang baik karena membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dari tubuh.

2. Mengelola stres

Minyak kelapa mengandung asam laurat, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Asam laurat dapat membantu mengurangi stres dengan mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

3. Membantu mengurangi rasa lapar

Minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa lapar dengan meningkatkan kadar hormon leptin, yang mengatur rasa kenyang.

Baca Juga: 10 Cara Agar Memiliki Mental Kuat Saat Dimarahi, Tetap Tenang!

4. Menjaga kesehatan kulit

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Minyak kelapa juga dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi peradangan.

5. Perawatan Kulit dan Rambut

Minyak kelapa sering digunakan untuk perawatan kulit dan rambut. Ini dapat membantu melembapkan kulit, mengurangi keriput, dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

6. Meningkatkan Imunitas

Asam laurat dalam minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Ini dapat membantu dalam melawan berbagai infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 8 Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

7. Mengurangi Peradangan

Minyak kelapa memiliki potensi antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT