Sukabumi Update

6 Tanda Bipolar Disorder Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Ilustrasi. Tanda Bipolar Disorder Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua (Sumber : pixabay.com/@thankyouforlike)

SUKABUMIUPDATE.com - Bipolar disorder adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perubahan mood yang drastis antara episode mania (tingkat mood yang tinggi, energi berlebih, dan perilaku impulsif) dan episode depresi (mood rendah, kelesuan, dan kurang minat).

Namun, tanda bipolar disorder pada anak-anak seringkali sulit untuk didiagnosis karena gejalanya dapat berbeda dari gejala yang ditemukan pada orang dewasa. Meski begitu ada beberapa tanda bipolar pada anak yang dapat dikenali.

Berikut tanda-tanda anak mengalami gangguan bipolar sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Tanda-Tanda Bipolar Disorder Pada Anak

1. Perubahan mood yang ekstrem

Anak dengan bipolar disorder mungkin mengalami perubahan mood yang sangat drastis dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Anak Broken Home, Ada Masalah Emosional!

Tanda bipolar pada anak ini terlihat dari kegembiraan yang berlebihan hingga kelesuan yang parah.

2. Energi berlebih dan gembira tidak wajar

Anak yang memiliki gangguan bipolar mungkin menunjukkan tingkat energi yang sangat tinggi, tetapi sering kali berlebihan dan tidak sesuai dengan situasi. Hati-hati bund, ini termasuk salah satu tanda bipolar pada anak yang perlu diperhatikan orang tua!

3. Kurang perhatian dan impulsivitas

Anak yang mengalami gangguan bipolar mungkin kesulitan berkonsentrasi dan menjadi impulsif, terutama selama episode mania.

4. Sulit tidur

Selama episode mania, Anak dengan bipolar disorder mungkin memiliki kebutuhan tidur yang berkurang atau mengalami kesulitan tidur.

Baca Juga: 6 Ciri Anak Perempuan Depresi Karena Kurang Kasih Sayang Ayah

5. Perilaku agresif atau mengganggu

Anak yang memiliki gangguan bipolar mungkin menunjukkan perilaku agresif, pertengkaran yang sering, atau perilaku yang mengganggu.

6. Depresi

Selama episode depresi, Anak dengan bipolar disorder mungkin mengalami mood yang sangat rendah, kelesuan, hilangnya minat pada aktivitas yang biasa mereka nikmati, dan masalah tidur atau nafsu makan.

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Stres Finansial, Apa Kamu Mengalaminya?

Diagnosis Tanda bipolar pada anak seringkali lebih sulit karena gejalanya mungkin menyerupai gangguan mental lain atau perubahan mood yang umum terjadi pada anak saat mereka tumbuh. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental atau dokter untuk diagnosis yang tepat terkait Tanda bipolar pada anak.

Penting juga untuk dicatat bahwa bipolar disorder pada anak lebih jarang terjadi daripada pada orang dewasa. Beberapa gejala bipolar disorder tersebut juga dapat muncul pada gangguan mental lainnya atau bisa merupakan bagian dari perkembangan normal anak.

Diskusi tentang perubahan perilaku anak dengan profesional kesehatan mental akan membantu dalam penilaian yang tepat dan mendapatkan bantuan yang diperlukan.

Sumber: Berbagai Sumber.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT