Sukabumi Update

Bantu Kurangi Peradangan, Ini Sederet Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan

Ilustrasi - Buah kecapi biasanya dimakan segar. Kulitnya bisa dimakan, tetapi beberapa orang lebih suka mengupasnya. Dagingnya bisa dimakan sendiri atau ditambahkan ke salad, smoothie, atau dessert. (Sumber : Instagram/@hijosfarm.)

SUKABUMIUPDATE.com - Buah kecapi, juga dikenal sebagai sentul atau ketuat, adalah buah kecil, bulat dengan daging putih, mirip dengan penampilan manggis. Buah ini berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dan dikenal dengan rasanya yang unik dan potensi manfaat kesehatannya.

Buah kecapi memiliki rasa manis dan asam yang sedikit, dengan sedikit kelembapan. Dagingnya lembut dan berair, dengan tekstur sedikit renyah. Buah ini memiliki satu biji besar di tengahnya.

Buah kecapi adalah sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang mendukung fungsi kekebalan tubuh. Ini juga mengandung serat, yang meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, buah kecapi adalah sumber kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah.

Baca Juga: 11 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Ketahui Langkahnya

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan buah kecapi yang telah didukung oleh penelitian:

1. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Buah kecapi adalah sumber vitamin C yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang dapat berkontribusi pada penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah kecapi mengandung serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu menjaga pencernaan tetap lancar dan mencegah sembelit.

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Stres dengan Kebiasaan Sederhana, Hidup Jadi Bahagia!

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Buah kecapi adalah sumber kalium, yang merupakan mineral yang membantu mengatur tekanan darah. Kalium membantu mengimbangi efek natrium, yang dapat meningkatkan tekanan darah.

4. Membantu Mengurangi Peradangan

Buah kecapi memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Peradangan kronis dapat berkontribusi pada penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT