Sukabumi Update

Turunkan Kadar Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Turunkan Kadar Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan (Sumber : via masakapahariini.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Brokoli adalah sayuran yang berasal dari keluarga kubis-kubisan (Brassicaceae). Brokoli memiliki bentuk seperti kembang kol, tetapi warnanya hijau. Brokoli adalah sayuran yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dikutip via halodoc, dalam 90 gram brokoli menyimpan nutrisi berupa:

  • Kalori: 35.
  • Protein: 2,3 gram.
  • Karbohidrat: 5,6 gram.
  • Serat: 2,2 gram.
  • Vitamin C: 91 persen dari kebutuhan harian.
  • Lemak: 0,3 gram.
  • Vitamin K: 77 persen dari kebutuhan harian.
  • Folat: 15 persen dari kebutuhan harian.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Kamu Mengalaminya Juga?

Brokoli dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti sup, salad, tumis, atau dipanggang. Brokoli juga dapat dimakan mentah. Berikut adalah beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan apabila dikonsumsi oleh manusia.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Brokoli mengandung serat, vitamin C, dan kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Vitamin C dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli mengandung lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan cahaya biru.

Baca Juga: 13 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin yang Belum Sembuh, Kamu Termasuk Juga?

3. Mencegah Kanker

Brokoli mengandung senyawa sulforafan yang memiliki sifat antikanker. Sulforafan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat makanan larut dalam brokoli dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol LDL (jahat) dari usus ke dalam darah. Selain itu, brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Brokoli mengandung vitamin C, vitamin A, dan senyawa sulforafan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin A dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Sulforafan dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Nyatanya Tidak Suka dengan Kita

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT