Sukabumi Update

10 Olahraga Untuk Mengatasi Depresi, Yuk Cari Tahu Apa Saja!

10 Olahraga Untuk Mengatasi Depresi, Yuk Cari Tahu Apa Saja! (stockking)

SUKABUMIUPDATE.com - Depresi saat ini menjadi masalah kesehatan mental yang dialami banyak orang. Di zaman yang serba cepat membuat orang mudah tertekan hingga timbul stres dan akhirnya berakhir dengan depresi.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan rutin berolahraga. Olahraga telah lama dikenal dapat membantu meredakan gejala depresi dengan berbagai cara, seperti meningkatkan produksi endorfin (hormon kebahagiaan), mengurangi tingkat stres, meningkatkan kualitas tidur, dan memberikan perasaan prestasi.

Jenis olahraga yang cocok untuk meredakan depresi dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi, kondisi fisik, dan minat seseorang.

Baca Juga: 13 Gejala Depresi Pada Remaja, Bunda Harus Tahu Untuk Membantu Mereka

Nah, berikut adalah beberapa jenis olahraga yang umumnya dianggap bermanfaat untuk meredakan depresi seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Berjalan Kaki

Aktivitas sederhana seperti berjalan kaki dapat memberikan manfaat positif pada kesehatan mental. Berjalan di alam terbuka juga dapat memberikan suasana yang menyegarkan.

2. Lari atau Jogging

Aktivitas kardiovaskular seperti lari atau jogging dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood yang akhirnya bisa menghindarkan dari depresi.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat untuk Penderita Depresi, Salah Satunya Ubi Jalar

3. Bersepeda

Bersepeda adalah pilihan olahraga yang bagus, baik itu di luar ruangan atau menggunakan sepeda statis di dalam ruangan.

4. Renang

Renang adalah latihan tubuh seluruhnya yang bisa membantu meredakan stres dan memberikan perasaan relaksasi yang membantu terhindar dari depresi.

5. Yoga

Yoga menggabungkan gerakan tubuh, pernapasan, dan meditasi. Ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesadaran diri.

Baca Juga: 5 Tingkatan Depresi dan Gejalanya Menurut DSM, Yuk Kenali!

6. Latihan Kekuatan

Olahraga selanjutnya yang cocok untuk mengatasi depresi yaitu latihan kekuatan, seperti angkat beban atau latihan berat, tidak hanya bermanfaat untuk tubuh tetapi juga dapat membantu meningkatkan mood dan percaya diri.

7. Senam

Senam atau aerobik dapat menjadi cara menyenangkan untuk bergerak dan meningkatkan kadar endorfin.

8. Aktivitas Kelompok

Bergabung dengan kelompok olahraga atau kelas kebugaran bisa memberikan dukungan sosial dan membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan.

Baca Juga: Apakah Daddy Issue Termasuk Masalah Kesehatan Mental? Yuk Simak!

9. Meditasi Bergerak (Contohnya Tai Chi)

Latihan seperti tai chi atau qigong menggabungkan gerakan tubuh yang lembut dengan fokus pada pernapasan dan meditasi, yang dapat membantu mengurangi stres dan menghindarkan dari depresi.

10. Bermain Olahraga Tim

Bermain olahraga tim, seperti sepak bola atau bola basket, dapat meningkatkan rasa keterlibatan sosial dan memberikan keuntungan kesehatan mental.

Baca Juga: Apa Itu Daddy Issue, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penting untuk diingat bahwa setiap orang berbeda, dan yang terpenting adalah memilih aktivitas yang disukai dan dapat diintegrasikan ke dalam rutinitas sehari-hari sehingga efektif dalam mengatasi depresi.

Konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum memulai program olahraga baru, terutama jika ada kondisi kesehatan tertentu atau jika seseorang belum terbiasa berolahraga secara teratur.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT