Sukabumi Update

5 Manfaat Lari Untuk Kesehatan Mental, Mengurangi Stres Salah Satunya?

Lari memiliki manfaat untuk kesehatan mental, diantaranya mengurangi stres | Foto : Freepik/@jcomp

SUKABUMIUPDATE.com - Latihan fisik mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Saat kita berlari, endorfin dan serotonin atau bahan kimia yang dapat meningkatkan suasana hati dilepas oleh tubuh.

Penelitian menunjukkan, berlari secara teratur dengan kecepatan sedang atau berat dapat meningkatkan kesehatan mental dan bahkan daya ingat serta kemampuan belajar seseorang.

Berlari di luar ruangan juga dapat memberikan manfaat lain, seperti mengurangi perasaan kesepian dan isolasi, mengurangi efek stres, serta membantu mengatasi depresi dan kecemasan.

Baca Juga: Curiga Istri Selingkuh, Ayah di Sukabumi Banting dan Intimidasi Anak Pakai Golok

Sebagaimana telah dilansir dari situs webmd, inilah beberapa manfaat lari bagi kesehatan mental :

1. Mengurangi stres

Setelah berlari, endocannabinoid dilepaskan dari tubuh, yang merupakan zat biokimia yang mirip dengan ganja. Bahan kimia yang diproduksi secara alami di tubuh Anda membanjiri aliran darah dan berpindah ke otak. Hal ini memberikan perasaan berkurangnya stres dan ketenangan jangka pendek serta dapat meningkatkan respons fisik dan mental terhadap situasi stres.

2. Meningkatkan suasana hati

Berlari dapat mengurangi kecemasan dan depresi pada beberapa orang. Akan tetapi hal ini tidak dapat menghilangkan depresi dalam semalam. Namun setidaknya dapat membantu mengatasi gejalanya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lari secara teratur memiliki efek yang sama seperti pengobatan dalam meredakan gejala kecemasan dan depresi.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Berlari dapat membantu seseorang mengatur jadwal tidur normal, hal ini disampaikan oleh beberapa penelitian. Bahan kimia yang dilepaskan selama dan setelah berlari membuat tubuh menjadi rileks dan mendorong tidur nyenyak. Memiliki jadwal tidur yang teratur sangat baik untuk otak, dan dapat meningkatkan kesehatan mental. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berlari terlalu dekat dengan waktu tidur bisa menimbulkan efek sebaliknya.

Baca Juga: Konferensi Internasional Prodi Hukum Nusa Putra Hadirkan Profesor dari SMU

4. Meningkatkan kesehatan fisik

Berlari hanya 50 menit setiap minggu dengan kecepatan sedang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Saat memulai jogging, hal ini akan membangun otot, meningkatkan kesehatan jantung, dan merawat otak. Dan ini semua dapat membantu Anda merasa lebih baik secara mental dan merasakan pencapaian.

5. Meningkatkan kekuatan otak

Berlari dan latihan kardiovaskular lainnya dapat membantu menciptakan sel-sel otak baru. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kinerja otak pada beberapa orang.

Banyak orang kesulitan mengatur rutinitas lari atau tidak merasa termotivasi untuk berlari. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memulai dan tetap berada di jalur yang benar:
● Bergerak setidaknya selama 30 menit.
● Ajaklah teman berolahraga.
● Beri diri Anda waktu.
● Bersikaplah lembut terhadap diri sendiri dan tubuh Anda.
● Bicaralah dengan dokter Anda.
● Berjalan untuk pemanasan.
● Tetapkan tujuan yang cerdas

Sumber : webmd

 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT